Pengertian Singkat Asuransi Kesehatan

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, manusia harus berjaga-jaga atas semua yang mungkin akan terjadi, termasuk kecelakaan dan sakit. Ibarat sedia payung sebelum hujan, manusia harus mempunyai dana cadangan supaya bisa melindungi ketika diperlukan.  Dana cadangan pun ternyata belum cukup karena biaya perawatan Rumah Sakit makin meninggi serta jika terkena penyakit kritis, biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit. Oleh karena itu Asuransi Kesehatan menjawab hal tersebut. 

Berbagai Asuransi kesehatan menawarkan berbagai produk dan manfaat tergantung dengan jumlah premi asuransi yang dibayarkan serta periode perlindungannya.  Manfaat-manfaat tersebut diantaranya:

Pengertian Singkat Asuransi Kesehatan

Resiko Jiwa: 
Perusahaan Asuransi kesehatan akan memberikan santunan kesehatan sesuai dengan perjanjian pada polis jika tertanggung meninggal dunia.

Resiko Kecelakaan: 
Berbagai tipe kecelakaan seperti lalu lintas atau kecelakaan kerja akan ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan.  Dengan melengkapi prosedur, maka tertanggung akan mendapatkan perawatan yang layak.

Resiko Cacat Tetap: 
Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada hidup anda. Ada perusahaan Asuransi Kesehatan yang akan menanggung setiap resiko atas cacat tetap karena kecelakaan atau sakit.
Penyakit Kritis: Untuk anda yang mempunyai keturunan penyakit kritis, perusahaan asuransi kesehatan mepunyai produk asuransi kesehatan untuk resiko penyakit kritis.

Demam Berdarah: 
Walaupun tidak setiap tahun orang terserang demam berdarah, namun untuk melindungi diri dari penyakit akibat gigitan nyamuk ini, anda perlu mencari kesehatan dengan spesifikasi tersebut. Berikut perusahaan asuransi yang menerima demam berdarah

Virus: 
Di jaman sekarang, banyak virus yang siap menjangkiti tubuh dengan imun yang lemah. Produk asuransi kesehatan tertentu bisa melindungi dari resiko penyakit karena terjangkit virus. 

Tentu saja hampir seluruh perusahaan Asuransi mempunyai produk kesehatan karena jenis tersebut merupakan yang paling dibutuhkan oleh manusia. Nah, hampir semua marketing dari perusahaan asuransi terkadang mempergunakan segala cara supaya anda bisa masuk menjadi pesertanya.  Nah, supaya asurasni kesehatan pas dengan kebutuhan, begini tipsnya:

1.  Jenis Asuransi Kesehatannya
Hospital Benefit dan Hospital cash Plan merupakan dua payung besar yang dipunya asuransi kesehatan. Hospital benefit memberikan manfaat perawatan di Rumah Sakit. Prosedurnya yaitu dengan sistem reimbursement.  Perusahaan Asuransi akan memberikan penggantian atas pengeluaran kesehatan anda.  Bentuk lain dari Hospital benefit yaitu berupa cashless artinya anda tidak perlu mengeluarkan uang karena cukup dengan kartu asuransi, anda bisa langsung mendapatkan perawatan.
Sedangkan Hospital Cash plan yaitu jumlah tertentu yang sudah disepakati sebelumnya. Berapapun biaya kesehatan yang anda perlukan, pihak asuransi akan mengganti sesuai dengan batas yang sudah ada.

2. Cek Kebutuhan Anda
Jangan tergiur dengan iming-iming besar santunan yang akan diberikan karena sesungguhnya apapun jenis asuransi yang dibutuhkan, anda cek kebutuhan anda karena jangan sampai premi asuransi malah membertakan finansial keluarga. Riwayat kessehatan juga diperlukan untuk menentukan jenis asuransi apa yang dibutuhkan. 

3. Manfaat
Tentu saja manfaat ini merupakan tujuan akhir anda. Jangan sampai anda tidak melihat manfaat yang diberikan asuransi kesehatan atau misinterpretasi mengenai pasal-pasal yang tertera dalam polis.  Manfaat utama dari asuransi tanpa ragu adalah berbagi beban perawatan Rumah Sakit atau jumlah santunan serta dokumen prasyarat yang lain. Anda juga perlu detail apakah manfaat akn didapt dengan sistem reimburse atau cashless. Jika reimburse artinya anda harus menyiapkan uang cash terlebih dahulu.

4. Provider Rumah Sakit
Cek juga Rumah Sakit mana disekitar anda yang bekerjasama sebagai provider perusahaan Asuransi.. Pasti anda tidak mau berkeliling kota hanya untuk mencari Rumah Sakit yang bekerja sama. Asuransi yang ideal bisa menerima klaim dari rumah sakit dengan jaringan yang luas. Jika anda sering ke luar kota, cek juga di kota apa saja asuransi tersebut dapat diterima. 

5. Perusahaan Asuransi
Lihatlah profil dari perusahaan asuransi.  Hal sederhana yang bisa dilakukan yaitu mengecek di berbagai mesin pencari  tentang berbagai kasus komplain, akan tetapi anda harus tetap mengecek objektivitas dari kasus komplain tersebut, siapa tahu ada prosedur atau syarat dokumen yang terlewat.  Anda juga bisa mengecek di institusi keuangan di Indonesia.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:46:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Singkat Asuransi Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment