Pengertian Dasar Anda Mengikuti Asuransi Mobil

Mobil sudah berubah dari kebutuhan tersier menjadi kebutuhan primer. Dengan artian, setiap orang berusaha dengan keras supaya punya mobil. Akibatnya ketika jalanan sudah dipenuhi oleh kendaraan roda empat akan tetapi kepedulian akan mengendarai dengan aman masih sangatlah rendah. Oleh karena itu resiko akan kecelakaan sangatlah tinggi. Untuk itu menjawab kebutuhan akan tingginya resiko berkendara menyebabkan perusahaan asuransi menerbitkan produk khusus untuk kendaraan disebut dengan Asuransi mobil. 


Kenapa Harus Punya Asuransi Mobil?
Jumlah kecelakaan roda empat bertambah setiap harinya dan sudah dicatat di badan kesehatan dunia atau WHO sebagai pembunuh ketiga atau penyebab kematian setelah nomor 1 diduduki oleh jantung koroner serta TBC. Penyebabnya yaitu faktor manusia yang tidak dapat mengendalikan kendaraan dengan baik. Selain itu jika anda sudah berhati-hati dalam berkendara, sayangnya anda bukanlah pengguna tunggal dari jalan raya karena ada ratusan pengendara lain. Anda pun bisa terkena dampak kelalaian orang lain.

Tentu saja ga ada yang mau tertimpa kecelakaan atau sekedar menyerempet pun anda pasti dihindari. Namun jika sudah terjadi, biayanya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Oleh karena itu disinilah pentingnya mempunyai asuransi mobil.

Bukan hanya kecelakaan akan tetapi asuransi mobil diperlukan untuk membagi resiko kehilangan mobil dengan perusahaan asuransi. Jangankan di jalanan atau tempat umum, garasi rumah anda pun bisa jadi tempat yang tidak aman jika tidak didukung oleh berbagai sitem keamanan. Selain tidak bisa beraktifitas dengan baik, kehilangan benda ratusan juta rupiah dengan sekejap pasti bukan hal yang diinginkan semua orang.

Ada dua jenis asuransi mobil yang dipunyai oleh banyak produk asuransi yaitu: 

TLO (Total Lost Only)
melindungi kerugian atas kehilangan mobil. Anda bisa mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi jika anda kehilangan mobil. Dalam hal ini TLO bisa berlaku bila dari keseluruhan mobil anda kehilangan sebesar 75% bagian mobil. Dengan kata lain jika anda mengalami kecelakaan sangat parah dan sebanyak 75 % mobil anda rusak maka anda berhak mengajukan klaim. Begitu juga jika anda korban perampasan atau pencurian kendaraan bermotor, maka klaim bisa anda ajukan dengan melengkapi dokumen-dokumen prasyarat dari asuransi. Umumnya premi untuk asuransi ini

All Risk (Comprehensive)
Semua resiko hilang maupun rusak akan ditanggung oleh asuransi. Disebut sebagai asuransi yang comprehensive karena apapun kerusakan ataupun kehilangan akan ditanggung oleh asuransi. Oleh karena itu All risk memiliki premi yang lumayan lebih mahal dibandingkan asuransi TLO.

Lalu timbul pertanyaan, bagaimana cara memilih jenis asuransi mobil? Pada dasarnya kedua asuransi tersebut tergantung pada bagaimana kebutuhan serta aktifitas yang anda jalani sehari-hari. Jika and bekerja menggunakan mobil demi tugas kantor, maka sebaiknya anda memilih asuransi All Risk. Akan tetapi jika kebutuhan mobil anda gunakan untuk pergi dan pulang kantor, asuransi TLO pun tak ada salahnya dipilih.

Jika masih bingung, anda bisa memiliki keduanya. Taruhlah mobil yang anda pesan baru saja sampai ke rumah anda, maka tidak ada salahnya anda daftarkan ke asuransi all risk, setelah itu tipe asuransi bisa dialihkan menjadi TLO. Jika terjadi kerusakan biasanya mobil keluaran terbaru akan mendapat porsi biaya perbaikan yang lumayan besar dimana mempengaruhi juga pada premi asuransi yang ditetapkan.

Berbagai Perusahaan Asuransi mobil bisa anda pilih seperti

Garda Oto
Asuransi yang termasuk perusahaan cukup lama yang bergerak di asuransi mobil ini memiliki beberapa manfaat seperti Garda Siaga yaitu bisa dihubungi 24 jam dalam keadaan darurat di jalan. Untuk para pengemudi wanita, sangat perlu menyimpan nomor telepon Garda Siaga. Selain itu Garda Oto menjamin hasil bengkel dengan garansi dan proses klaim yang bisa diajukan selama hari kerja dengan membawa unit kendaraan anda serta polis yang masih berlaku.

ACA
Memberikan berbagai manfaat serta pelayanan yang baik. Dengan call center yang bersedia ditelpon selama 24 jam, ACA juga memberikan sewa mobil untuk menggantikan mobil anda yang sedang diperbaiki selama 5 hari jadi anda tak perlu khawatir akan kehilangan waktu anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 9:00:00 AM

Related : Pengertian Dasar Anda Mengikuti Asuransi Mobil

0 komentar:

Post a Comment