Asuransi Kesehatan Pengertian, Manfaat dan Jenis

Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang berfungsi mengatasi risiko atas kesehatan. Asuransi kesehatan ini akan menanggung seluruh atau sebagian biaya yang diperlukan jika peserta atau nasabah asuransi kesehatan jatuh sakit, termasuk juga jika sakit tersebut disebabkan oleh sebuah kecelakaan. Tapi pasti banyak dari Anda yang sudah tahu bahwa keuntungan yang didapat oleh peserta dari asuransi kesehatan ini tidak cuma-cuma. Kalau tidak ada bantuan dari tempat bekerja atau pemerintah maka peserta asuransi kesehatan diwajibkan untuk membayar premi. 

Asuransi Kesehatan PENGERTIAN MANFAAT DAN JENIS

Besarnya premi asuransi kesehatan bisa bervariasi, tergantung dari banyak hal, seperti tingkat risiko yang ditanggung dan administratif. Berapa premi asuransi kesehatan yang harus dibayar nasabah juga akan ditentukan oleh perusahaan penyedia asuransi.

Asuransi kesehatan bisa kita peroleh di berbagai jenis perusahaan penyedia asuransi, seperti perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, atau asuransi kesehatan juga bisa kita dapat di perusahaan-perusahaan asuransi umum.

Pemerintah pusat dan beberapa pemda (pemerintah daerah) juga bisa memberi bantuan asuransi kesehatan. Bantuan asuransi kesehatan dari pemerintah pusat sering disebut Jamkesmas (jaminan kesehatan masyarakat), sedangkan jamkesda serta jamkesos untuk bantuan asuransi kesehatan di tingkat pemda (pemerintah daerah) tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Tapi sayangnya bantuan asuransi kesehatan ini cuma diberikan kepada mereka yang memiliki penghasilan rendah saja.

Asuransi kesehatan bisa dibedakan jadi beberapa jenis berdasarkan jenis pengelolaa dana, perawatan, keikutsertaan anggota, pihak tertanggung, jumlah dana yang ditanggung dan cara penggantian. Berdasarkan jenis perawatannya, asuransi kesehatan bisa dibedakan jadi dua jenis, yaitu rawat inap dan rawat jalan. Sedangkan berdasarkan pengelola dana, dalam asuransi kesehatan ada 2 pihak, yaitu swasta dan pemerintah.  

Berdasarkan keikutsertaan anggota, dalam asuransi kesehatan bisa dilakukan atas dasar sukarela dan kewajiban. Sedangkan jika dilihat berdasarkan jumlah dana yang ditanggung, asuransi kesehatan bisa dibedakan jadi dua jenis yaitu yang seluruh biaya ditanggung oleh perusahaan asuransi dan perusahaan asuransi hanya menanggung biaya yang tinggi saja, sehingga biaya-biaya yang tidak terlalu besar tidak akan ditanggung. Dalam asuransi kesehatan, pihak yang ditanggung juga bisa dibedakan jadi 2 jenis, yaitu kelompol dan individu. 

Perusahaan asuransi bisa memberi perlindungan kesehatan terhadap orang perorang secara individu selama mereka adalah warga negara Indonesia. Selain itu, asuransi bisa juga diberikan secara kelompok. Contohnya diberi kepada suatu perusahaan, organisasi atau bisa juga diberi kepada sebuah keluarga, dengan syarat umumnya dalam kelompok tersebut minimal harus ada lima orang.

Sedangkan jika didasarkan dari cara penggantiannya, asuransi kesehatan bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu pengajuan ganti rugi dengan cara nasabah membayar seluruh pengobatan terlebih dahulu, baru diganti oleh perusahaan asuransi dan pengajuan ganti rugi memakai kartu anggota asuransi kesehatan.
Lalu, apa saja manfaat dari asuransi kesehatan? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Sebagai tabungan kesehatan
Asuransi kesehatan bisa jadi tabungan kesehatan melalui pembayaran premi yang dilakukan dalam suatu periode akan sangat bermanfaat saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Ingat, tidak semua orang bisa menabung, kebanyakan tabungan akan habis untuk keperluan yang tidak penting. Hasilnya kebutuhan pokok seperti kesehatan menjadi hal yang terlupakan. 

Tapi dengan membayar premi asuransi kesehatan, kita seperti dipaksa untuk menabung secara teratur dan displin karena kita diwajibkan membayar premi asuransi kesehatan tersebut.

2. Bisa meringankan beban
Kebutuhan primer manusia tidak cuma kesehatan. Ada banyak lagi kebutuhan-kebutuhan primer lainnya dan karena itulah ada baiknya jika kita sedikit demi sedikit mengurangi beban hidup. Bagaimana caranya? Dengan mengikuti program asuransi kesehatan. 

Jikalau di masa yang akan datang mengalami musibah, maka kita tidak perlu lagi terlalu khawatir dengan biaya yang diperlukan. Dengan begitu kita bisa memakai dana yang kita miliki untuk kebutuhan primer lain yang tidak kalah penting.

3. Bisa hidup nyaman dan tentram
Selain sayang pada diri sendiri, pasti Anda sangat sayang dengan seluruh anggota keluarga Anda. Kita pasti akan melakukan apa pun sekuat tenaga untuk melindungi mereka yang kita sayang. Dengan adanya ada asuransi kesehatan, setidaknya kita dapat menjamin bahwa perawatan dan pengobatan yang maksimal bisa diberikan kepada orang-orang yang kita sayangi. 

Dengan begitu rasa khawatir bisa berkurang, hidup terasa lebih nyaman dan tentram dan kita bisa bekerja mencari nafkah dengan lebih tenang.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 12:52:00 PM
Tags :

Related : Asuransi Kesehatan Pengertian, Manfaat dan Jenis

0 komentar:

Post a Comment