Pengertian Asuransi Jiwa Manfaat Dan Jenis Lengkap

Mungkin banyak dari Anda yang sudah tahu apa itu asuransi jiwa. Tapi mungkin juga tidak sedikit dari Anda yang belum tahu apa pengertian asuransi jiwa termasuk manfaat lengkap apa yang bisa kita dapatkan jika menjadi peserta asuransi jiwa dari sebuah perusahaan asuransi.

Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis yang bisa dimiliki oleh seseorang untuk menanggung orang tersebut terhadap kerugian finansial yang tidak terduga, seperti karena meninggal dunia terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. 

Asuransi jiwa juga bisa didefinisikan sebagai suatu kontrak perjanjian antara pemegang polis dengan perusahaan atau penyedia asuransi (insurer), dimana pihak penyedia asuransi jiwa berjanji untuk membayar nominal uang jika terjadi risiko kematian terhadap peserta atay pemegang asuransi (polis) asuransi.

Pengertian Asuransi Jiwa manfaat dan jenis

Asuransi jiwa yang ditawarkan oleh banyak perusahaan asuransi saat ini punya berbagai macam jenis produk. Masing-masing jenis produk asuransi jiwa tersebut mempunyai manfaat yang tidak sama atau berbeda-beda. Banyaknya jenis produk asuransi jiwa ini agar bisa melayani berbagai macam kebutuhan, daya beli dan kemampuan masyarakat. Berikut adalah beberapa jenis asuransi jiwa yang saat ini disediakan oleh perusahaan-perusahaan penyedia asuransi.

Asuransi Jiwa Berjangka (Term)
Asuransi jiwa yang satu ini adalah jenis asuransi jiwa yang paling sederhana dan yang paling terjangkau atau cukup murah. Polis asuransi jiwa berjangka ini bisa diambil untuk jangka waktu tertentu, seperti antara 10, 20 atau 30 tahun. 

Tujuan utama dari asuransi jiwa jenis ini adalah untuk menyediakan kebutuhan temporer pesertanya, seperti biaya pendidikan, pembayran hipotek, rumah, dan lain sebagainya. Jenis-jenis dari produk asuransi jiwa ini sangat cocok buat anda yang punya kebutuhan untuk biaya asuransi yang besar tapi cuma memiliki daya beli yang tidak besar (terbatas).

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)
Asuransi jiwa seumur hidup ini akan memberi perlindungan asuransi jiwa seumur hidup untuk pesertanya. Jika Anda menginkan manfaat yang lebih dari hanya sebuah santunan kematian, atau anda ingin memiliki tabungan jangka panjang, maka asuransi jiwa yang satu ini adalah pilihan terbaik. 

Dengan memiliki asuransi jiwa jenis ini, Anda akan mendapat proteksi jiwa sekaligus punya tabungan untuk kebutuhan darurat, seperti biaya rumah sakit dan lain sebagainya. Asuransi jiwa jenis ini juga cocok buat Anda yang ingin memiliki modal investasi di masa yang akan datang.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)
Asuransi jiwa dwiguna akan memberi 2 keuntungan sekaligus kepada pesertanya. Manfaatnya yang pertama adalah para pesertanya akan menerima sejumlah uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dalam periode waktu tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi yang peserta beli.
Manfaat selanjutnya adalah jika tertanggung masih hidup ketika jangka waktu berakhir, tertanggung akan diberikan semua uang pertanggungan.

Agar lebih jelas tentang keuntungan apa saja yang bisa kita dapatkan jika memiliki asuransi jiwa, berikut adalah beberapa manfaat Asuransi Jiwa yang bisa kita dapatkan.

1. Asuransi jiwa bisa mengurangi risiko yang tak terduga. Anda pasti sudah tahu kalau siapapun tidak akan sanggup memprediksi atau mengantisipasi suatu bencana. Dengan memiliki asuransi jiwa, kita akan mendapat perlindungan sehingga bencana yang menimpa kita akan terasa lebih ringan.

2. Asuransi jiwa bisa menjamin keluarga kita. Jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak inginkan pada diri kita, keluarga bisa memanfatkan klaim asuransi untuk melanjutkan kehidupan mereka. 

3. Asuransi jiwa membantu mempersiapkan kebutuhan dan hal penting dalam kehidupan kita, seperti biaya pendidikan anak yang semakin tahun semakin mahal, pengeluaran bulanan keluarga yang juga seringkali semakin makal, dan kebutuhan-kebutuhan penting lainnya. 

4. Peserta asuransi jiwa akan mendapat berbagai macam fasilitas dari penyedia asuransi jiwa yang salah satunya adalah asuransi jiwa yang bisa digabung dengan berbagai macam perencanaan lain yang akan sangat membantu di masa sulit yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

5. Dengan memiliki asuransi jiwa, pesertanya bisa lebih tentram memikirkan masa depan karena sudah memiliki dana cadangan jika suatu hal yang tidak inginkan terjadi di masa yang akan datang. Karena pikiran sudah lebih tentram, kita bisa bekerja dengan lebih tenang dan hasilnya sudah pasti akan lebih maksimal.

Bagaimana, apa Anda tertarik memiliki asuransi jiwa? Satu hal yang perlu diingat sebelum menjadi peserta asuransi jiwa adalah sebelum  membeli polis asuransi jiwa, sangat disarankan untuk mencari informasi yang lebih lengap sebanyak-banyaknya pada beberapa perusahaan asuransi. Bandingkan proteksi yang diberikan dengan premi yang harus dibayar dan Anda juga perlu mempertimbangkan berapa banyak anggota keluarga yang akan menjadi tanggungan dan jangan lupa untuk inventarisir kebutuhan pendidikan yang dibutuhkan untuk anak-anak Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:43:00 AM
Tags :

Related : Pengertian Asuransi Jiwa Manfaat Dan Jenis Lengkap

0 komentar:

Post a Comment