Asuransi Unit Link Pengertian Manfaat dan Contoh

Anda yang sehari-hari bekerja di dunia keuangan atau sering membaca berita keuangan pasti sudah banyak tahu kalau sampai saat ini cuma ada satu jenis asuransi non tradisional, yaitu asuransi unit link. Asuransi non tradisional ini merupakan asuransi dengan kantong. Kantong pertama untuk perlindungan (proteksi) dan kantong yang satu lagi untuk investasi. 

Uang premi asuransi unit link yang dibayarkan oleh pesertanya sebagian dipakai untuk membayar proteksi dan sebagiannya lagi akan ditaruh di reksa dana dalam bentuk unit link. Pemegang polis asuransi unit link pasti akan diminta untuk memilih di mana mereka akan menempatkan investasinya. Apa mereka ingin menaruhnya di reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran atau bisa juga investasi tersebut ditempatkan di pasar uang.

Asuransi Unit Link Pengertian Manfaat dan Contoh

Satu hal penting yang harus kita ketahui adalah asuransi unit link punya hubungan yang sangat erat dengan pasar modal. Karena itulah asuransi unit link itu terbilang cukup rumit dan agak sulit untuk dimengerti, terlebih untuk mereka yang masih buta dengan dunia keuangan. 

Hal ini semakin diperparah karena cukup banyak agen asuransi yang kurang bisa menjelaskan dengan tepat perihal produk ini. Saat pasar modal turun, nilai unit link juga akan turun dan hal inilah yang menyebabkan prediksi atau proyeksi yang diberikan meleset atau tidak tepat dari kenyataan yang ada.

Tidak sedikit pula perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi unit link yang tidak memberi penjelasan secara rinci tentang kinerja unit linknya dari bulan ke bulan. Jangankan kinerja, asuransi unit link tersebut bahkan ditempatkan pada saham sembarangan (apa saja) dan tidak sedikit nasabah yang tidak mendapat info soal ini. 

Memang sudah ada beberapa perusahaan asuransi yang memuat kinerja unit link di situsnya sehingga dapat dengan mudah diakses oleh para nasabah, tapi jumlahnya tidak banyak dan haal inilah yang membuat banyak orang enggan memiliki asuransi unit link.

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menginvestasikan dana nasabahnya pada produk asurasnsi unit link di tahun ke 5. Di tahun 1 sampai ketahun ke 5, cuma sebagian saja yang ditempatkan di asuransi unit link.
Contohnya 0% di tahun 1, dengan alasan di tahun pertama dana nasabah sudah habis untuk membiatai akuisisi (membayar bonus agen asuransi). Di tahun 2, porsi investasi akan naik jadi 20%, tahun 3 jadi 40% dan tahun 4 jadi 80%. Kemudian baru di tahun 5 jadi 100% ditempatkan pada asuransi unit link.

Hal penting lain yang harus Anda ketahui jika ingin memiliki asuransi unit link adalah biaya premi yang wajib dikeluarkan paling besar jika dibandingkan dengan premi asuransi jenis tradisional. 

Nilai proteksi asuransi unit link juga hanya sedikit, paling besar cuma sekitar Rp 250.000.000. Kalau Anda sudah menghitung kebutuhan asuransi Anda dan uang pertanggungan sebesar Rp 250.000.000 tidak cukup, ada baiknya untuk mempertimbangkan untuk mengambil asuransi jenis lain saja.

Para pemegang polis asuransi unit link wajib memperhatikan dan mempelajari produk asuransi unit link dengan hati-hati, cermat dan mencari banyak informasi supaya tidak salah beli. Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan uang dalam jumlah besar, tapi mendapat pertangungan yang kurang dari kebutuhan serta mendapatkan hasil investasi yang kurang maksimal.

Agak rumit memang, tapi sebenarnya ada nilai positif yang bisa Anda dapatkan jika memutuskan memiliki asuransi unit link. Apa nilai positif tersebut? Anda bisa lebih disiplin dalam berinvestasi secara berkala, baik bulanan maupun tahunan karena pembayaran investasi akan ditagihkan pada saat pembayaran preminya.

Bagaimana, tertarik memiliki asuransi unit link? Jika merasa ragu ada baiknya berkonsultasi dulu dengan mereka yang memang mengerti benar tentang asuransi unit link. Atau jika memang Anda merasa tidak yakin dengan asuransi unit link, asuransi jenis lain yang tidak rumit dan bisa lebih mudah dimengerti mungkin adalah pilihan terbaik untuk Anda.  Sekali lagi ingat, jangan sampai uang yang sudah Anda keluarkan untuk membeli asuransi justru berakibat buruk pada keuangan Anda. Pilihlah jenis asuransi dengan cermat dan bijak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:56:00 AM
Tags :

Related : Asuransi Unit Link Pengertian Manfaat dan Contoh

0 komentar:

Post a Comment