Syarat dan Prosedur Asuransi Mobil dari Oto Multiartha

Prosedur dan syarat cara klaim asuransi Oto Multiartha bisa sukses dilakukan jika anda bisa mengikuti prosedurnya dengan benar. Ada banyak orang yang enggan membeli asuransi disebabkan karena masalah kurang percayanya calon klien dengan kinerja dari asuransi tersebut. Hal ini sebetulnya terjadi karena kurangnya informasi dari calon klien sehingga tidak bisa melihat manfaat dari asuransi yang sesungguhnya. Ketika anda membayar setiap bulan untuk mendapatkan perlindungan yang baik untuk properti anda anda bisa mendapatkan perlindungan dan suntikan dana jika sesuaitu terjadi pada properti anda. 


Asuransi Oto Multiartha merupakan salah satu jasa asuransi untuk produk kendaraan bermotor. Ada 2 jenis asuransi mobil atau kendaraan bermotor yang dimiliki oleh jasa asuransi ini. Keduanya adalah perlindungan mobil terhadap kecelakaan dan perlindungan mobil terhadap pencurian. Keduanya memiliki syarat dan juga prosedur klaim yang berbeda. Bagi anda yang masih ragu untuk memilih asuransi untuk perlindungan karena belum mengetahui secara pasti bagaimana prosedur dan juga persyaratan untuk melakukan klaim asuransi, maka berikut ini adalah ulasan untuk memantapkan langkah anda.

Prosedur klaim asuransi mobil yang hilang
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tujuan dari asuransi adalah untuk melindungi properti anda dari perisitiwa di masa depan yang kurang menguntungkan. Salah satu hal kurang menguntungkan yang bisa terjadi pada anda adalah mobil anda yang diambil secara paksa oleh orang yang tidak pertanggung jawab.

Ketika anda mengalami masalah pencurian mobil atau kendaraan bermotor lain yang asuransikan, anda harus segera melaporkan hal tersebut pada pihak yang bertanggung jawab. Seketika anda menyadari bahwa mobil yang anda miliki tidak berada di tangan anda kembali, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menghindari rasa panik yang berlebihan. Rasa panik yang berlebihan akan menyebabkan anda kehilangan kemampuan untuk berpikir jernih. Setelah itu segera laporkan kehilangan anda pada pihak yang berwajib agar peristiwa ini bisa segera di proses. Sambil menunggu proses pelaporan anda di tangani, anda harus segera menghubungi jasa asuransi Oto Multiartha agar kehilangan yang anda alami ini dapat segera di tangani. Semakin cepat dilaporkan semakin baik untuk menghindari waktu expire mobil yang anda miliki.

Di kantor polisi anda perlu mengurus dokumen mengenai laporan kehilangan dari kendaraan bermotor anda. Dokumen ini adalah salah satu dokumen yang penting untuk di lengkapi ketika anda akan mengajukan klaim terhadap mobil anda yang hilang.

Setelah anda melapor ke polisi dan juga agen dari jasa asuransi Oto Multiartha, anda harus segera melengkapi dokumen penting yang dibutuhkan agar proses klaim anda bisa segera di proses. Setelah dokumen semuanya lengkap, pihak asuransi akan memberikan anda surat blokir untuk STNK dari kendaraan anda sehingga STNK tersebut tidak bisa digunakan kembali. Anda hanya perlu menunggu sekitar 14 hari saja untuk mendapatkan uang klaim anda cair.

Setelah prosedur dan syarat cara klaim asuransi Oto Multiartha dilengkapi dan dalam waktu kurang dari 60 hari mobil anda tidak ditemukan maka anda akan mendapatkan penggantian total loss. Tapi jika dalam waktu tersebut mobil anda ditemukan maka pihak asuransi akan menggantinya menjadi partial loss.

Prosedur klaim asuransi mobil karena kecelakaan
Asuransi mobil yang terjadi karena kecelakaan biasanya akan diganti ketika anda melakukan asuransi partial loss. Jenis asuransi ini dapat dengan mudah di klaim jika anda melakukan pelaporan dalam waktu kurang dari 3 x 24 jam. Pelaporan dalam waktu terdekat sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya penolakan klaim yang disebabkan karena pelaporan yang dilakukan di luar batas waktu klaim. Untuk melakukan pelaporan ini anda bisa menggunakan banyak media dan kontak yang dimiliki oleh jasa asuransi Oto Multiartha ini. Pelaporan dari kecelakaan ini adalah awal dari proses klaim untuk mobil anda yang mengalami kecelakaan.

Setelah anda mengalami kecelakaan, sebaiknya anda segera memfoto bagian-bagian yang penyok dan juga menghubungi kantor polisi untuk mengurus masalah kecelakaan anda dan memberikan keterangan terjadinya kecelakaan yang melibatkan anda. Setelah itu jika mobil anda masih bisa berjalan, anda bisa membawanya ke bengkel yang merupakan rekanan dari perusahaan asuransi Oto Multiartha. Setelah itu, dalam proses klaim selanjutnya anda bisa mengunjungi pihak asuransi. Kunjungan terhadap pihak asuransi ini dilakukan untuk penjelasan rangkaian kejadian dari kecelakan tersebut dan juga pengisian form klaim yang diberikan oleh pihak asuransi.

Dokumen yang perlu disiapkan ketika akan melakukan klaim
Ketika akan melakukan klaim, bukan hanya prosedur klaimnya saja yang penting untuk dilakukan. Ada cukup banyak syarat dan dokumen kelengkapan yang juga harus anda siapkan untuk melakukan klaim. Syarat dan kelengkapan dokumen tersebut antara lain adalah :
  • Kopian polis
  • Formulir klaim yang diisi dengan lengkap
  • Kopian surat ijin mengemudi
  • Kopian STNK
  • Surat keterangan dari kepolisian.
Jika dalam kecelakaan tersebut ada pihak ketiga yang ikut terlibat, dokumen dari pihak ketiga tersebut juga diperlukan. Dokumen tambahan yang diperlukan ketika ada pihak ketiga antara lain adalah :
  • Surat permintaan ganti rugi dari pihak ketiga
  • Dokumen keterangan tidak adanya asuransi yang dimiliki oleh pihak ketiga
  • Dokumen identitas seperti SIM atau KTP dan juga STNK
Jika pada saat terjadi kecelakaan mobil dibawa oleh anak yang dibawah umur atau pada pengemudi yang tidak memiliki surat ijin mengemudi, maka asuransi dari Oto Multiartha ini tidak akan berlaku, jadi pastikan bahwa ketika anda mengendarai mobil, SIM anda masih hidup supaya prosedur dan syarat cara klaim asuransi Oto Multiartha menjadi lebih mudah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 6:26:00 PM

Related : Syarat dan Prosedur Asuransi Mobil dari Oto Multiartha

0 komentar:

Post a Comment