Cara Melakukan Proses Klaim Asuransi FIF

Asuransi kendaraan bermotor sangat diperlukan untuk menutup biaya kerugian ataupun kehilangan motor Anda. Tanpa adanya asuransi ini, pastinya Anda akan kesulitan untuk memperoleh biaya ganti rugi untuk kerugian. Asuransi FIF merupakan jenis asuransi motor yang sangat popular saat ini. Asuransi ini melayani asuransi dan pembiayaan pada sepeda motor dengan merk dagang Honda. Karena laju pertumbuhan sepeda motor terus naik, FIF memberikan pelayanan prima dan professional. Hal ini pun berlaku untuk prosedur dan syarat cara klaim asuransi fif.

asuransi fif

Servis Asuransi FIF Untuk Pelanggan
Ada dua jenis servis yang diberikan oleh pihak asuransi fif pada pelanggan. Jenis layanan pertama adalah pembiayaan sepeda motor baru. Sebagai asuransi resmi motor Honda, asuransi FIF ini sudah menjalani kerja sama dengan ribuan dealer resmi Honda di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini pastinya akan mempermudah Anda untuk melakukan pembelian dan proses klaim terhadap asuransi fif pada motor baru Anda. Pembiayaan sepeda motor Honda bekas juga dilayani oleh pihak asuransi FIF. Asuransi ini hanya melayani produk dari Astra dengan kualitas servis yang bagus sesuai dengan standar bengkel resmi Honda.

Apa Itu Asuransi FIF?
Sebagai asuransi pembiayaan sepeda motor Honda yang resmi, pastinya FIF berusaha untuk membuktikan kinerjanya dengan melindungi dan mencover pelanggan dengan memberikan bukti dan nilai ril melalui asuransi sepeda motor. Asuransi ini menawarkan servis regular untuk memproteksi kendaraan yang rusak ataupun hilang diakibatkan karena kecelakaan dengan angka lebih dari 75 % dari biayanya. Ada juga layanan asuransi yang diberikan untuk memproteksi peserta asuransi yang meninggal karena kecelakaan.

Tahapan Proses Klaim Asuransi FIF
Prosedur dan syarat cara klaim asuransi FIF cukup mudah dan sederhana. Yang terpenting adalah laporan harus memenuhi persyaratan. Berkas laporan harus dilengkapi dengan surat – surat keterangan kehilangan dari Polsek dimana kendaraan tersebut hilang. Bukan Polsek dimana pemilik kendaraan tinggal. Misalnya, Anda berkunjung ke kota Semarang dan sepeda motor hilang di Semarang Selatan, maka Anda harus mencari surat keterangan di Polsek Semarang Selatan.  Ada beberapa hal dan syarat dibawah ini yang bisa dilakukan saat Anda mengalami kehilangan ataupun kecelakaan.
  1. Langkah pertama membuat laporan klaim paling lambat 3 hari atau 3 x 24 jam sejak terjadinya kehilangan ataupun kerugian terhadap sepeda motor di kantor cabang asuransi FIF terdekat
  2. Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti dibawah ini
  • Laporan kerugian dan diisi secara lengkap dan ditandatangani oleh pelapor
  • STNK yang asli
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat
  • Fotokopi KTP pemilik sepeda motor
  • Fotokopi SIM, untuk kerusakan total sepeda motor
Setelah Anda menyerahkan berkas – berkas laporan yang lengkap, maka petugas asuransi FIF akan mewawancarai Anda atas laporan kehilangan ataupun kerusakan tersebut. Maka petugas menyuruh Anda kembali ke Polsek untuk mencari surat pemblokiran STNK. Biasanya surat ini bisa didapat seminggu setelah proses pelaporan kehilangan. Dan, syarat ini dikhususkan bagi Anda yang kehilangan sepeda motor. Kemudian, surat tersebut diberikan ke pihak asuransi FIF. Dan, surat tersebut akan dikirim ke Polda  dimana kejadian pencurian terjadi. Pihak Samsat dimana pelapor tinggal akan mengurusi proses pemblokiran. Dalam proses pemblokiran STNK ini, Anda bisa melakukannya sendiri ataupun meminta pihak asuransi untuk menguruskannya. Tetapi, jika asuransi yang melakukannya, Anda harus membayar sejumlah uang untuk membayar administrasi pengurusan kehilangan sepeda motor.
  • Surat Blokir STNK dari Kepolisian Setempat dan Surat Keterangan Kaditserse dari Polda untuk kasus pencurian
Apabila syarat – syarat yang dipersiapkan sudah lengkap, Anda juga harus melengkapi pelaporan tersebut dengan syarat dibawah ini.
  • BPKB asli
  • Faktur pembelian kendaraan/sepeda motor asli
  • 2 lembar blanko kuitansi yang sudah dibubuhi tandatangan dan 1 lembar yang sudah diberi materai
  • Kunci kendaraan
  • Surat penyerahan hak kepemilikan sepeda motor
Biasanya pembelian sepeda motor Honda dengan system kredit akan memperoleh layanan asuransi dari FIF untuk mencegah terjadinya kerusakan dan kehilangan.

Untuk jumlah ganti rugi kerugian ataupun kerusakan dari sepeda motor tersebut, berdasarkan perhitungan tertentu dari pihak asuransi FIF. Mekanismenya tergantung kapankah sepeda motor tersebut hilang. Bila sepeda motor tersebut hilang dalam kurun waktu sebelum enam bulan, maka pihak asuransi FIF akan mengganti kerugian dengan sejumlah uang yang sesuai dengan harga pasaran sepeda motor tersebut saat hilang. Misalnya, jika Anda kehilangan sepeda motor Honda Vario regular, maka akan diganti dengan uang sebesar Rp. 14,3 juta. Uang yang diberikan adalah dana yang dicairkan dari asuransi yang telah dikurangi sejumlah hutang angsuran dari pemilik kendaraan tersebut. Biasanya ini diberikan pada sepeda motor yang dibeli secara kredit.

Prosedur dan syarat klaim asuransi fif cukup mudah walaupun sedikit ribet asalkan Anda memenuhi persyaratan yang berlaku. Banyak orang yang tak mengerti bagaimana melakukan proses klaim ganti rugi baik itu kehilangan ataupun kehilangan sepeda motor Honda saat kredit masih berjalan. Penggantian biaya kerugian biasanya sesuai dengan tata cara dan mekanisme yang sudah berlaku. Sepeda motor kredit biasanya sudah mendapatkan asuransi TLO yang berlaku untuk memberikan ganti rugi kehilangan sepeda motor baik itu kecelakaan, pencurian, perusakan, perampasan, dan penodongan yang bisa menyebabkan kerugian hingga 75 %. Itulah tadi syarat dan prosedur dalam proses klaim kerugian ataupun kehilangan sepeda motor dari asuransi FIF.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 6:56:00 PM

Related : Cara Melakukan Proses Klaim Asuransi FIF

0 komentar:

Post a Comment