Barang Hilang Rusak, Ini Info Cara Klaim Asuransi Tiki

Prosedur dan syarat cara klaim asuransi tiki seringkali tidak diketahui dengan jelas atau klien yang bersangkutan cenderung mengabaikan persoalan itu. Setiap aturan dan persyaratan yang diberlakukan dianggap rumit sampai akhirnya sebagian orang menyadari jika masalah terjadi pada paket barang bernilai besar yang jelas merugikan mereka jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Setiap layanan pengiriman barang memberlakukan asuransi untuk nilai barang tertentu. Dan persoalan ini pun tak bisa disepelekan begitu saja karena pihak ekspedisi, dalam hal ini Tiki, hanya akan memproses kerusakan atau kehilangan jika ada klaim yang diajukan berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang diwajibkan.

Asuransi Tiki

Premi Asuransi dan Nilai Barang
Pemberian layanan asuransi barang diberlakukan jika nilainya mencapai lebih dari sepuluh kali biaya kirim. Biaya kirim ini berbeda-beda tergantung dari lokasi pihak pengirim dan penerima. Sebenarnya untuk setiap barang yang dikirimkan melalui Tiki mendapatkan premi asuransi sebesar 0,225 persen. Jadi, kalau ada masalah seperti kehilangan atau kerusakan akan mendapatkan gantinya sebesar nilai barang tersebut.

Penggantian kiriman barang ini pun berlaku untuk berbagai dokumen asli yang mengalami kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman. Contoh rincian dari nama barang pertanggungan harga dan preminya sebagai berikut:
  • Dokumen Perusahaan. Dengan nilai sekitar 2 juta rupiah, besarnya premi adalah 4,500.
  • Dokumen Kewarganegaraan. Dengan nilai sekitar 500 ribu, preminya sebesar 1,125.
  • Sertifikat (Kursus). Dengan nilai sekitar 500 ribu, preminya sebesar 1,125.
  • Piagam. Nilai sebesar 200 ribu rupiah dengan premi 450.
  • Dokumen Tender. Nilai sebesar 2 juta rupiah, preminya 4,500.
  • Surat Keputusan. Nilai sebesar 500 ribu rupiah, preminya 1,125.
  • Akta Jual Beli. Nilai sebesar 1 juta rupiah, preminya sebesar 2,250.
  • Kartu Keluarga. Nilai sebesar 150 ribu rupiah, preminya sebesar 338.
  • Rapor Sekolah. Nilai sebesar 200 ribu rupiah, preminya sebesar 450.
  • SIM. Dengan nilai 500 ribu rupiah, preminya sebesar 1,125.
Sejumlah dokumen asli lain yang mendapatka nilai premi untuk asuransi di Tiki adalah KTP, Dokumen Asuransi, Dokumen Perbankan, Akta Kelahiran, Sertifikat Tanah/Rumah, Paspor, Ijasah, Kier Kendaraan, Mutasi Kendaraan, BPKP Motor, BPKB Mobil, STNK Motor, dan STNK Mobil.

Persyaratan dan Cara Mengajukan Klaim
Apa saja yang harus dilakukan jika barang yang diterima dari jasa Tiki mengalami kerusakan atau kehilangan? Jika barang yang diterima mengalami kerusakan, segera foto sebagai barang bukti untuk dilampirkan dalam proses pengajuan klaim. Setelah itu, segera bawa ke agen terkait di mana barang tersebut disalurkan sebelum sampai ke alamat penerima. Wajib diketahui bahwa pihak agen tidak akan melayani klaim asuransi jika klaim diajukan lebih dari 15 hari terhitung sejak estimasi waktu barang sampai di alamat penerima.

Prosedur dan syarat cara klaim asuransi tiki meliputi beberapa persyaratan wajib yang diserahkan saat mengajukan klaim ke pihak agen. Sejumlah persyaratan wajib lainnya adalah kartu identitas pribadi yang sesuai dengan nama dan alamat penerima, serta resi nomor pengiriman dan notanya. Prosedur klaim ini dilakukan di depan kurir di agen dengan membuka barang dengan kondisi sesuai dengan apa yang diajukan dalam klaim.

Selanjutnya, pihak agen akan memproses klaim tersebut jika semua persyaratan sudah dicek dan melalui prosedur verifikasi. Tapi prosesnya tidak akan langsung selesai saat itu juga. Biasanya membutuhkan waktu beberapa hari sampai pihak agen memberikan penggantian sesuai asuransi untuk klaim yang dimaksudkan. Jadi, klien harus sedikit bersabar sampai proses klaim dan verifikasi itu dikonfirmasikan oleh pihak agen Tiki yang akan menghubungi nomor kontak pihak yang mengajukan klaim. Prosedur yang sama dilakukan jika barang hilang atau tak kunjung sampai ke alamat penerima padahal sudah melewati estimasti waktu barang sampai.

Klaim via Telepon dan Email
Layanan klaim juga disediakan via telepon atau email. Kontak pihak agen tertera pada bukti resi penerimaan atau pengiriman barang atau Customer Care - 1500125. Sedangkan untuk klaim melalui email bisa dihubungi melalui surel csr@tiki-online.com. Namun demi memastikan prosedur yang lebih lancar, sangat disarankan untuk mendatangi langsung ke pihak agen dengan menyertakan kelengkapan untuk pengajuan klaim.
Klaim kerusakan atau kehilangan pada Tiki bisa dilakukan asalkan sudah memenuhi setiap ketentuan. Nah, pihak Tiki tidak akan melayani klaim kerusakan atau kehilangan jika ternyata disebabkan oleh beberapa kondisi sebagai berikut:
  • Kondisi barang yang rusak, terlambat datang, dan bahkan sampai kehilangan karena faktor bencana alam, hal-hal darurat atau segala kondisi yang tak bisa ditangani oleh manusia.
  • Adanya kebijakan untuk menahan atau menyita barang yang dikirimkan melalui jasa Tiki oleh pihak yang berwenang. Dalam artian, klaim tidak akan dilayani jika barang yang dikirimkan ternyata melanggaran aturan hukum yang berlaku.
  • Adanya kerusakan atau risiko teknis yang terjadi pada barang elektronik atau mesin di barang yang dikirimkan selama proses pengangkatan atau pemindahan.
Prosedur dan syarat cara klaim asuransi tiki berlangsung cukup ketat karena proses pengecekannya akan diawali dari rincian informasi dari pihak pengirim mengenai barang yang dikirimkan. Jika pada proses pengecekan ada beberapa hal yang ternyata tidak sesuai dengan informasi awal, pihak Tiki akan melakukan kebijakan yang dianggap tepat. Apalagi jika barang yang dikirimkan tidak sesuai informasi dan berdampak secara hukum pada pihak jasa Tiki.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pengiriman barang, sangat diwajibkan untuk memberikan informasi yang terbuka dan terperinci mengenai barang yang akan dipaketkan. Tujuannya untuk memberikan perlindungan keamanan dan kenyamanan sesuai premi asuransi yang diberlakukan.

Point Klaim Barang Hilang/Rusak Tiki
Berdasarkan prosedur dan persyaratan pengiriman point 8 dari TIKI, penggantian maksimal untuk barang yang rusak/hilang adalah 10 x biaya kirim. Apabila barang yang dikirimkan bernilai lebih dari 10 x biaya kirim, maka diharapkan pengguna jasa TIKI memanfaatkan asuransi untuk perlindungan maksimal terhadap titipan yang dikirimkan, dengan premi sebesar 0.225% dari nilai barang. Dengan asuransi, penggantian yang diberikan atas kerusakan/kehilangan akan senilai dari harga barang. Semoga membantu
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:24:00 AM

Related : Barang Hilang Rusak, Ini Info Cara Klaim Asuransi Tiki

0 komentar:

Post a Comment