Teliti Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga

Dengan  menggunakan asuransi kesehatan untuk keluarga seperti ini, Anda tidak perlu merasa bingung, jika ada salah satu anggota keluarga yang tiba-tiba jatuh sakit. Anda hanya perlu membawanya ke dokter atau bahkan rumah sakit, maka semua biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun sebelum Anda mengikuti program asuransi untuk keluarga seperti ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti :

Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga

Pilih perusahaan asuransi yang tepat
Pertama-tama perhatikan dengan baik, perusahaan asuransi yang akan dipilih. Cek apakah perusahaan tersebut memberikan layanan asuransi kesehatan, terutama asuransi kesehatan keluarga atau tidak. Untuk itu, Anda dapat mengeceknya menggunakan media internet, mengunjungi perusahaan asuransi secara langsung, atau bahkan menggunakan broker asuransi.

Pilih program yang tepat
Berikutnya adalah memilih program asuransi kesehatan untuk keluarga yang tepat. Karena saat ini Anda membutuhkan program asuransi kesehatan untuk keluarga. Sudah barang tentu, Anda harus mengenal dengan baik program tersebut, dan mempelajari kelebihan dan kekurangan dari program tersebut.

Anda juga perlu menyusun daftar kebutuhan asuransi kesehatan yang diperlukan, seperti adanya fasilitas rawat inap, rawat jalan, fasilitas dokter umum dan spesialis, fasilitas obat-obatan, serta fasilitas lainnya. Hal ini akan menjadi standar kebutuhan Anda akan program asuransi untuk keluarga tersebut. Ini juga yang akan mempermudah Anda dalam memilih jenis asuransi yang tepat.

Jumlah anggota keluarga yang ikut
Memperhatikan berapa jumlah anggota keluarga yang akan ikut dalam program ini, juga penting. Beberapa perusahaan hanya memberikan asuransi keluarga untuk 3 orang, yaitu ayah, ibu dan 1 orang anak. Tapi ada juga yang memberikan fasilitas asuransi kesehatan keluarga ini, lebih dari 3 orang, seperti 5 orang, dll. Anda perlu mempelajari hal-hal seperti ini, dengan seksama. Setelah mengetahui jumlah anggota keluarga yang akan ikut program ini, Anda dapat menentukan paket asuransi mana yang sebaiknya dipilih.

Besaran premi yang harus dibayar
Berikutnya adalah memperhatikan besaran premi yang harus dibayar. Tips ketika Anda akan memilih premi ini adalah :
  • Perhatikan dana yang Anda miliki
Anda harus memperhatikan berapa dana yang Anda miliki setiap bulannya. Sebaiknya sisihkan sekitar 10% dari total dana yang Anda miliki setiap bulannya. Menggunakan dana sebesar itu, membuat keuangan Anda tidak akan terganggu. Jika Anda menggunakan lebih dari 10%, akan ada beberapa kebutuhan yang akan terganggu. Pastinya hal ini tidak membuat keuangan Anda sehat.   Akan lebih baik, jika Anda menggunakan pemasukan lainnya untuk membayar premi asuransi. Hal ini, akan membuat dana pribadi Anda sama sekali tidak terganggu.
  • Fasilitas yang diinginkan
Anda juga perlu memperhatikan berbagai fasilitas yang diinginkan. Seperti adanya fasilitas rawat inap, dll. Dengan mengetahui fasilitas ini, Anda lebih mudah mengetahui program asuransi mana yang sebaiknya dipilih, dan berapa besar premi yang sanggup Anda bayar.

Klaim asuransi
Klaim asuransi juga sebaiknya Anda perhatikan. Seperti diketahui bersama, dalam asuransi ada 2 sistem klaim yang digunakan, yaitu reimburstment dan cashless. Sistem reimburstment ini adalah sistem pembayaran secara cash, nasabah harus membayar sejumlah dana yang dibutuhkan, lalu rincian biaya yang dikeluarkan tersebut akan diberikan pada pihak asuransi untuk meminta penggantian dana. Sedangkan sistem cashless adalah sistem kartu, dimana nasabah hanya perlu memperlihatkan kartu asuransi pada pihak terkait, maka pihak tersebut akan mengurus langsung ke pihak asuransi. Dengan demikian, nasabah tidak terlalu terjun langsung untuk masalah klaim ini.

Hal lain yang harus Anda perhatikan untuk proses klaim ini adalah besarnya klaim yang berhak Anda dapatkan. Besarnya klaim ini sendiri pastinya beragam, tergantung besaran premi yang Anda bayarkan. Semakin besar premi yang Anda bayar, maka klaim asuransi yang akan Anda terima juga besar, begitu juga sebaliknya. Semakin sedikit premi yang akan Anda bayarkan, maka fasilitas yang akan diterima juga tidak akan terlalu banyak. Tetapi fasilitas ini cukup untuk membuat keluarga Anda tetap sehat.

Kerjasama dengan berbagai rumah sakit
Berikutnya yang harus diketahui adalah cakupan klaim asuransi yang Anda ikuti. Semakin besar cakupan perlindungan asuransi, membuat Anda tidak perlu khawatir. Dimanapun Anda berada, Anda dapat langsung membawanya ke rumah sakit terdekat, yang ditunjuk oleh pihak asuransi. Maka anggota keluarga Anda akan ditangani dengan baik.

Semakin sedikit jumlah rumah sakit yang dapat diklaim, Anda harus mengetahui dimana letak rumah sakit tersebut, sehingga Anda dapat membawanya ke rumah sakit tersebut.

Tidak banyak orang yang mengetahui akan manfaat dari program asuransi kesehatan untuk keluarga ini. Setiap orang tentu tidak ingin jatuh sakit, tetapi dengan adanya program ini, setidaknya Anda tidak terlalu bingung ketika ada salah satu anggota keluarga yang mengalami sakit, bahkan harus dirujuk ke rumah sakit.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 8:28:00 AM

Related : Teliti Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga

0 komentar:

Post a Comment