Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi AIA

AIA Financial adalah perusahaan asuransi yang ternama di Indonesia. AIA Financial sendiri merupakan anak perusahaan dari AIA Goup Limited. AIA Group Limited merupakan perusahaan yang memiliki 18 anak perusahaan yang tersebar di Asia Pasifik, antara lain di Hongkong, Thailand, Singapura, Korea, malaysia, China, Vietnam, Brunei, Myanmar dan beberapa negara lainnya.

Kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap layanan asuransi dari AIA Financial sangatlah tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya nasabah yang mempercayakan asuransinya kepada AIA Financial. Tingginya kepercayaan masyarakat Indonesia juga membuat AIA Financial memiliki prestasi yang ditorehkan oleh perusahaan asuransi ini.

Asuransi AIA

Prestasi yang telah dicatat oleh AIA Financial antara lain AIA Financial termasuk dalam tiga besar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Prestasi tersebut didapat oleh AIA Financial dalam hal new Business Total weighted Premium Income. Selain itu AIA Financial juga mencatatkan diri dalam peringkat kedua di Indonesai dalam hal Total Weighted Premium Income pada tahun 2014.

Tingginya kepercayaan masyarakat Indonesia kepada perusahan asuransi AIA Financial bukan tanpa alasan. AIA Financial telah ada di Indonesia lebih dari satu dasawarsa dan telah melayani masyarakat Asia selama hampir satu abad. Melihat catatan panjang tersebut, tentu kinerja perusahaan asuransi AIA Financial tak perlu diragukan lagi.Apalagi saat ini AIA Financial telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

AIA Financial yang sebelumnya bernama AIG Life ini, telah terbukti memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat Indonesia selama leibh dari satu dasawarsa berdiri. AIA Financial memberikan ketenangan kepada para nasabahnya melalui berbagai macam produk perlindungan yang mereka tawarkan. AIA Financial menawarkan berbagai macam produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing nasabah. Produk – produk yang diberikan oleh AIA Financial antara lain Program Kesejahteraan Karyawan, Program Pesangon, dan Program Dana Pensiun DPLK. Selain itu masih ada lagi produk – produk asuransi yang ditawarkan oleh AIA Financial yaitu asuransi jiwa, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi kesehatan.

Prosedur Klaim Asuransi AIA
Prosedur  dan syarat klaim asuransi AIA tentu kerap ditanyakan oleh banyak nasabah ataupun calon nasabahnya. Prosedur dan syarat klaim yang mudah dan cepat tentu menjadi pertimbangan tersendiri untuk memilih suatu perusahaan asuranasi. Berikut prosedur dan syarat klaim asuransi AIA. Silahkan Download form form yang diperlukan sesuai dengan klaim yang akan dilakukan melalui http://www.aia-financial.co.id/id/help-support/form.html

a.  Pengajuan Dokumen
Untuk dapat mengajuikan klaim asuransi, nasabah asuransi AIA diharuskan untuk mengajukan dokumen dan syarat – syarat yang dibutuhkan melalui kantor AIA atau customer service terdekat. Syarat – syarat serta dokumen yang dibutuhkan dapat dilihat di bagian bawah artikel ini.

b. Pemeriksaan Dokumen
Dokumen yang telah diserahkan kepada kantor AIA akan segera diperiksa kelengkapannya. Jika ternyata masih terdapat kekurangan dokumen maka pihak asuransi AIA akan memberitahukan kepada nasabah melalui SMS. Kekurangan dokumen harus dilengkapi selambat – lambatnya dalam jangka waktu 30 hari kerja. Jika setelah 30 hari dokumen belum dilengkapi, maka berkas – berkas yang sudah ada akan dikembalikan kepada nasabah melalui agen.

c. Pemberitahuan kepada Nasabah
Dokumen klaim yang telah memenuhi persyaratan dan sudah lengkap akan segera diproses oleh AIA. AIA akan memberikan pemberitahuan kepada nasabah bahwa dokumen yang diberikan telah lengkap dan klaim akan segera diproses lebih lanjut.

d. Hasil Keputusan
Keseluruhan dokumen dan persyaratan pengajuan klaim akan dianalisa oleh tim khusus AIA Financial. Klaim yang telah dianalisa dantelah disetujui oleh tim penilai klaim akan segera dibayarkan kepada nasabah. Apabila klaim diterima, pihak AIA akan memberitahukan kepada nasabah melalui SMS atau pemberitahuan tertulis.

e. Pembayaran
AIA Financial akan segera mencairkan klaim.

f. Penerimaan
Nasabah akan segera menerima pembayaraan klaim yang diajukan.

Proses pengajuan klaim yang telah dilengkapi dengan dokumen dan persyaratan yang cukup, akan segera diproses dalam waktu 8 hari kerja bagi pengajuan klaim kesehatan dan 11 hari kerja untuk pengajuan klaim tertanggung yang meninggal.

Syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim:
1. Klaim Meninggal Dunia
  • Copy identitas pemegang polis
  • Copy identitas tertanggung
  • Copy identitas ahli waris
  • Copy kartu keluarga
  • Polis asli (Jika polis asli hilang maka harus dimintakan surat keterangan hilang dari kepolisian)
  • Surat keterangan kematian asli atau legalisir
  • apabila yang bersangkutan meninggal dunia saat berada di luar negeri maka surat keterangan kematian yang dilampirkan berasal dari konsulat Jenderal Republik di Indonesia di negara tersebut atau negara terdekat
  • apabila yang bersangkutan meninggal karena kecelakaan maka surat keterangan kematian yang dilampirkan berasal dari kepolisian setempat
  • Surat kuasa bermaterai
  • Visum Khusus untuk tertanggung yang meninggal dunia karena  mengalami kecelakaan
2.  Klaim Kesehatan
  • Copy identitas pemegang polis
  • Copy identitas tertanggung
    Polis asli (Jika polis asli hilang maka harus dimintakan surat keterangan hilang dari kepolisian)
    Hasil pemeriksaan Berupa hasil ck lab, USG, EKG, rontgen dan sebagainnya
  • Kwitansi asli yang disertai dengan rincian perawatan
  • Copy resep
  • Surat Kuasa bermaterai
  • Surat Keterangan Kepolisian
Hanya jika perawatan diakibatkan oleh terjadinya kecelakaan
  • Berita acara perusahaan
Berita acara perusahaan hanya dibutuhkan apabila tertanggung menerima perawatan diakibatkan terjadinya kecelakaan di tempat kerja tertanggung

Demikianlah sedikit gambaran mengenai asuransi AIA Financial dan juga prosedur dalam mengajukan klaim, baik untuk pengajuan klaim kesehatan maupun klaim meninggal dunia. Semoga dapat bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 8:47:00 AM

Related : Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi AIA

0 komentar:

Post a Comment