Prosedur dan Syarat Cara Klaim Asuransi AIG Travel Berikut Dokumen Pelengkapnya

Perusahaan asuransi AIG Indonesia sudah beroperasi sejak 1970 di Negara Indonesia, dimana perusahaan ini menggabungkan antara pengalaman internasional beserta keahlian lokal. AIG Indonesia sendiri sudah mengembangkan usahanya dan menyediakan berbagai macam produk asuransi,  berbagai layanan serta inovasi solusi untuk manajemen risiko. Perusahaan AIG Indonesia sediri menawarkan polis perlindungan untuk kecelakaan diri, kendaraan, kecelakaan diri di perjalanan, marine serta komersial bagi para nasabah secara individual maupun korporat.

Cara Klaim Asuransi AIG Travel

Asuransi Travel Guard AIG
Seperti kita ketahui hal-hal yang tak diinginkan dan tak terduga bisa saja terjadi kapan pun dan dimana pun dengan begitu tentunya bisa mengurangi kenyamanan kita saat berkendara atau diperjalanan. Misalnya kehilangan bagasi, penundaan dari jadwal penerbangan, sakit atau mengalami cedera ketika beraktiivitas. Dengan hadirnya produk asuransi perjalanan berupa Travel Guard di AIG Indonesia tentunya membuat perjalanan Anda pun lebih menyenangkan dan tentunya memberikan kenyamanan saat di perjalanan. Melalui pembayaran premi terjangkau dari AIG Indonesia ini maka Anda pun akan memperoleh perlindungan secara komprehensif dan lengkap berdasarkan kebutuhan

Prosedur Pengajuan Klaim AIG Travel
Prosedur dan syarat cara klaim asuransi AIG sangat mudah serta jelas, dengan begitu mempermudah para nasabah asuransi ini ketika mengajukan klaim. Jika membutuhkan bantuan darurat ketika diperjalanan, maka Anda dapat menghubungi layanan darurat selama 24 jam di AIG Travel Guard melalui nomor telepon (021) 571 3410. Jika Anda melakukan perjalanan ke mancanegara serta memerlukan bantuan keadaan darurat akibat sakit maupun cedera, maka dapat menghubungi layanan bantuan 24 jam di (021) 571 3419 dimana pun dan kapan pun.

Ketika Anda menghubungi pihak asuransi AIG Travel ini maka sebaiknya siapkan informasi berupa nama Anda, nomor polis asuransi, lokasi Anda berada dan jelaskan rincian gejala atau kondisi Anda mengalami beberapa hal yang tak diinginkan. Bantuan layanan secara darurat 24 jam ini tentunya akan memberikan bantuan melalui telepon. Jika menurut pihak bantuan tersebut kondisi kesehatan yang Anda alami memerlukan penanganan pada  tempat lain, maupun harus kembali lagi ke Indonesia serta dijamin pada polis asuransi Anda, dengan begitu pihak bantuan pun akan melakukan pengaturan evakuasi memakai cara terbaik berdasarkan kondisi Anda saat itu.

Sesudah kembali ke Negara Indonesia, untuk proses pengajuan klaim sendiri Anda dapat mengikuti prosedur melakukan klaim seperti di bawah :
  1. Anda harus mengisi formulir pengajuan klaim yang terkait.
  2. Kemudian sediakan berbagai macam berkas dan dokumen penting sebagai pendukung klaim yang Anda lakukan. Dengan pemberian dokumen lengkap tentunya mencegah penundaan terhadap pemeriksaan klaim karena diperlukan waktu yang cukup lama untuk memperoleh informasi yang telah dipersyaratkan.
  3. Sesudah menerima dokumen lengkap, maka pihak asuransi AIG travel pun akan langsung mempelajari klaim yang Anda buat.
Adapun untuk form klaim AIG travel itu sendiri bisa didapatkan dari link http://www.aig.co.id/content/dam/aig/apac/indonesia/id/documents/forms/travel-guard-form.pdf

Dokumen Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan
Untuk dokumen pengajuan klaim yang wajib bagi semua manfaat polis, diantaranya fotokopi passport, fotokopi tiket atau jadwal perjalanan dan formulir klaim travel guard. Adapun dokuman klaim di atas wajib dilampirkan beserta dokumen lain berdasarkan jenis klaim untuk Anda ajukan.

1. Mendapatkan Klaim Biaya Medis
Anda harus menyertakan tagihan dan kwitansi asli dari biaya pengobatan, berikut keterangan medis serta hasil dari pemeriksaan laboratorium.

2. Klaim Kunjungan Rumah Sakit
Anda harus menyertakan surat keterangan medis, beserta kwitansi tiket pesawat/transportasi laut/kereta api asli.

3. Klaim Perlindungan Anak
Anda harus menyertakan dokumen keterangan medis, kwitansi tiket pesawat/transportasi laut/kereta api asli beserta akte kelahiran.

4. Biaya Untuk Telepon Darurat
Anda harus menyertakan biaya untuk tagihan telepon asli, kwitansi dan tagihan asli untuk biaya pengobatan dan keterangan medis.

5. Klaim Gangguan Perjalanan
Anda harus menyertakan dokumen berupa bukti dari rawat inap selama lebih 5 hari, berikut keterangan medis, serta kwitansi dan tagihan asli biro perjalanan yang juga dilengkapi keterangan perincian anggaran tour.

6. Klaim Cacat Total dan Kematian Akibat Kecelakaan
Anda harus menyertakan dokumen berupa keterangan medis yang asli, autopsy legalisir atau asli, akte kemaatian asli atau legalisir, laporan polisi legalisir atau asli,keterangan kematian atau cacat tetap yang ditulis oleh dokter dan hasil pemeriksaan X-Ray.

7. Perpanjangan Periode untuk Polis Asuransi Otomatis
Memerlukan dokumen bukti karantina atau rawat inap.

8.  Pembatalan Perjalanan
Membutuhkan akte kematian maupun keterangan medis jika ada keluarga meninggal maupun sakit, kwitansi asli dari pembayaran biaya tiket/tur/hotel, keterangan untuk pengembalian uang yang berasal dari biro perjalanan dan bukti yang telah menunjukkan adanya hubungan keluarga bersama tertanggung.

9. Klaim Penundaan Perjalanan
Menyertakan keterangan medis atau akte kematian, kwitansi asli untuk pembayaran tiket/hotel/tur, kwitansi pembayaran dari biaya administrasi penundaan perjalanan dan bukti untuk menunjukkan adanya hubungan keluarga bersama tertanggung.

10. Keterlambatan Bagasi
Menyertakan dokumen laporan kehilangan dari bagasi oleh perusahaan penerbangan dan tanda terima bagasi telah diterima.

11. Pengurangan Perjalanan
Menyertakan dokumen berupa keterangan medis atau akte kematian, kwitansi pembayaran dari biaya tur/hotel/tiket asli, keterangan atas pengembalian uang di biro perjalanan dan bukti untuk menunjukkan adanya hubungan keluarga beserta tertanggung.

12. Gangguan Perjalanan
Menyertakan keterangan medis, kwitansi pembayaran asli untuk biaya perjalanan ataupun tiket hotel, tagihan dari rumah sakit untuk membuktikan tertanggung telah dirawat selama 5 hari lebih di rumah sakit, perincian perjalanan tak terpakai pada biro perjalanan dan bukti berupa pengembalian uang yang berasa dari agen atau biro perjalanan.

Itulah dokumen-dokumen pelengkap yang digunakan dalam Prosedur dan syarat cara klaim asuransi AIG Travel.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 9:59:00 AM

Related : Prosedur dan Syarat Cara Klaim Asuransi AIG Travel Berikut Dokumen Pelengkapnya

0 komentar:

Post a Comment