Tips Mencari Premi Asuransi Murah Namun Tidak Murahan

Seperti yang kita ketahui, Premi adalah sejumlah uang yang mesti dibayarkan pada setiap bulannya sebagai suatu kewajiban dari yang tertanggung atas keikutsertaannya pada asuransi. Banyaknya premi yang berlaku membuat para nasabah mencari dan membandingkan mana yang terbaik. Dalam artian ini, premi terbaik menurut kita adalah premi yang murah. Untuk mencari premi asuransi murah namun tidak murahan, sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu mengerti beberapa hal berikut ini, maka mencari asuransi dengan  premi yang murah, jadi lebih mudah.

Premi Asuransi Murah

1. Cari tahu kebutuhan asuransi Anda
Perhatikan jenis premi asuransi murah apa yang Anda butuhkan saat ini. Apakah itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau asuransi lainnya. Setiap program asuransi mempunyai keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Perhatikan dengan baik, dan pastikan hal ini sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan hanya sekedar uji coba atau hanya berdasarkan diskon asuransi semata.

2. Cari informasi mengenai perusahaan asuransi
Setelah Anda mengetahui jenis asuransi yang akan diikuti, berikutnya mencari tahu tentang nama-nama perusahaan yang menyediakan fasilitas tersebut. Anda dapat mencari tahu hal ini dengan beberapa cara, yaitu :
  • Menggunakan jasa broker asuransi
  • Mengunjungi perusahaan asuransi secara langsung
  • Menggunakan media internet / mesin pencari
Kumpulkan informasi sebanyak mungkin, sebagai bahan perbandingan. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh setiap perusahaan dan berbagai program asuransi yang mereka tawarkan, maka Anda dapat memilih jenis asuransi yang paling pas dan murah.

3. Cari program yang Anda inginkan
Berikutnya adalah mencari program asuransi yang dicari. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda harus mencari program asuransi yang diinginkan.  Untuk mencari program ini, Anda harus mengetahui kebutuhan akan asuransi, dan apa yang Anda inginkan dari asuransi tersebut.

Contohnya : Jika Anda ingin menggunakan jenis asuransi kesehatan, maka cari tahu lebih dalam, jenis asuransi kesehatan seperti apa yang sekiranya pas untuk Anda. Apakah asuransi untuk diri sendiri, keluarga, anak, atau jenis lainnya.

4. Cek fasilitas yang diberikan
Anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap fasilitas yang diberikan oleh perusahaan asuransi terebut. Contoh jika Anda mengikuti program asuransi kesehatan pribadi, maka fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah, rawat inap, rawat jalan, dokter umum, beberapa dokter spesialis, obat tertentu, dll.  Perhatikan apakah fasilitas yang diberikan oleh program ini tepat dan pas sesuai kebutuhan atau tidak. Jika dinilai kurang, Anda dapat menggunakan rider, tapi jika dirasa cukup, tentunya Anda tidak perlu menggunakan program tersebut. Karena menggunakan program tersebut, Anda harus membayar ekstra dari premi awal.

5. Cek premi yang ditawarkan
Perhatikan juga berapa premi yang harus Anda bayar setiap bulannya. Untuk itu Anda perlu memperhatikan berapa hal berikut ini :

Total keuangan Anda
Pertama-tama sebaiknya perhatikan berapa total keuangan yang ada setiap bulannya. Gunakan hanya 10% dari total uang yang Anda miliki setiap bulannya. Mengapa hanya 10%, dengan demikian Anda tidak perlu terbebani dengan biaya premi yang harus dibayar. Semakin mahal memang fasilitas yang akan diberikan juga semakin lengkap, tetapi premi yang harus dibayar juga semakin besar.

Fasilitas yang diinginkan
Perhatikan juga berbagai fasilitas yang Anda butuhkan, ketika akan mengikuti program asuransi tersebut. Sebaiknya urutan dengan baik. Agar Anda paham tenang berbagai fasilitas yang dibutuhkan, dan mencarinya di program asuransi yang ada.

Fasilitas yang diberikan
Setelah mengetahui berbagai fasilitas yang dibutuhkan berikutnya memperhatikan berbagai fasilitas yang diberikan oleh pihak asuransi. Apakah fasilitas yang diberikan tersebut, sudah sesuai dengan keinginan Anda atau tidak. Jika Anda ingin mendapatkan premi yang murah, maka fasilitas yang akan Anda dapatkan juga tidak terlalu banyak, namun cukup untuk jenis asuransi yang Anda butuhkan.

6. Cek sistem pembayaran
Perhatikan bagaimana sistem pembayarannya. Apakah harus menggunakan kartu kredit, transfer menggunakan debet, atau hal lainnya. Hal lain yang harus diperhatikan adalah, apakah jika Anda terlambat membayar premi akan ada denda, atau biaya lainnya. Mengetahui hal-hal seperti ini dinilai penting, agar Anda mengetahui dengan baik kapan premi harus dibayar, dll.

Untuk sistem pembayaran ini, sebaiknya Anda mempunyai akun yang sama dengan bank dari pihak asuransi, ini akan mempermudah transfer premi.

7. Cek klaim
Berikutnya adalah melakukan cek klaim. Klaim yang paling mudah adalah dengan menggunakan cashless atau sistem kartu. Dengan menggunakan sistem kartu ini, Anda hanya perlu memperhatikan kartu asuransi yang dimiliki pada pihak tertentu (seperti rumah sakit atau bengkel), maka klaim akan langsung ditujukan pada pihak asuransi. Cara seperti ini dinilai praktis, dan pastinya tidak akan memberatkan Anda sebagai nasabah.

Sedangkan jika Anda menggunakan sistem reimburstment atau sistem tagihan, maka Anda perlu mengeluarkan uang untuk membayar berbagai macam hal. Setelah itu, Anda melakukan klaim pada asuransi. Asuransi akan membayar sejumlah klaim berdasarkan data yang ada. Cara seperti ini dinilai rumit dan tidak praktis, dan membuat nasabah mengurus segalanya sendiri.

Sebelum memilih premi asuransi murah, sebaiknya perhatikan jenis premi dan manfaat yang akan Anda dapatkan, sehingga Anda merasa puas dengan asuransi tersebut. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 9:28:00 AM
Tags :

Related : Tips Mencari Premi Asuransi Murah Namun Tidak Murahan

0 komentar:

Post a Comment