Faktor Penting Ketika akan Membeli Asuransi Kesehatan

Kebersihan dan juga kesehatan adalah sebagian dari iman oleh kesehatan harus dijaga dengan betul-betul. Selain merupakan sebagian dari ibadah, kesehatan juga merupakan hal yang harus dijaga agar bisa melakukan aktivitas hari-hari dengan baik agar memiliki masa depan yang lebih baik juga, salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik adalah dengan melakukan asuransi kesehatan. Asuransi di bidang kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang banyak mendapatkan perhatian. Hal ini disebabkan karena asuransi kesehatan membantu untuk melakukan persiapan diri yang lebih matang dengan persoalan-persoalan hidup, salah satunya masalah yang berhubungan dengan penyakit dan kesehatan.


Asuransi kesehatan berbeda dengan asuransi jiwa, jika asuransi jiwa berfokus pada penyelamatan masa depan yang tidak menentu terkait dengan kematian, asuransi kesehatan lebih berfokus pada kemungkinan-kemungkinan sakit yang bisa terjadi pada hidup anda. Oleh karena itu, asuransi kesehatan lebih berfokus pada biaya perawatan yang mungkin dikeluarkan oleh konsumennya di masa depan.

Seperti jenis asuransi yang lainnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan memilih jasa asuransi untuk kesehatan. Hal yang perlu diperhatikan tersebut antara lain adalah :

Kemudahan proses klaim
Salah satu hal yang perlu di perhatikan sebelum memilih salah satu dari jasa asuransi adalah memperhatikan mengenai proses klaim yang dimilikinya. Lihat alur prosesnya untuk mengetahui kemudahan klaimnya. Semakin singkat peoses klaim yang dimiliki oleh sebuah perusahaan maka semakin baik jasa asuransi tersebut.

Klaim yang bisa dilakukan
Ketika akan memilih sebuah produk jasa asuransi, hal yang penting selanjutnya untuk diperhatikan adalah jenis-jenis klaim yang bisa dilakukan. Perusahaan jasa yang baik akan memberikan beberapa pilihan klaim untuk para anggotanya. Sebuah perusahaan jasa paling tidak harus memiliki 4 jenis klaim yang umum bisa dilakukan dengan menggunakan jasa perusahaannya, jenis klaim tersebut antara lain adalah jenis klaim untuk rawat inap, rawat jalan, kesehatan gigi dan juga mengenai kehamilan. Setelah melihat jenis-jenis klaim yang dimiliki oleh sebuah jasa asuransi, pastikan mengenai detail dari tiap-tiap klaim yang bisa dilakukan. Misalnya mengenai biaya kamar untuk penyakit-penyakit tertentu yang parah. Terkadang, jasa asutansi yang baik juga menawarkan santunan pada beberapa jenis penyait yang berbahaya seperti penyakit HIV/AIDS. Makin luas cakupan sebuah produk jasa asuransi tentunya akan semakin baik bagi penggunaanya apalagi jika biaya preminya tidak terlalu banyak berbeda.

Persyaratan yang di miliki untuk membuka polis
Setiap polis asuransi kesehatan dapat dibuka jika anda melengkapi data untuk pembuatan polis tersebut. Jasa asuransi yang baik akan memudahkan anda untuk melakukan proses registrasi sehingga tidak terasa ribet menyusahkan. Untuk pembukaan polis, data umum yang digunakan antara lain merupakan data lengkap yang terkait dengan peserta, beberapa dokumen untuk kasus peserta polis yang sudah tidak virgin, TC dan juga data klaim. Dokumen untuk peserta yang tidak virgin ini tentunya dibutuhkan mengingat saat ini ada cukup bayak penyakit seksual yang bisa menular melakui hubungan pasutri sehingga diperlukan penanganan dan juga perhatian yang lebih besar.

Teknologi yang digunakan oleh jasa asuransi
Saat ini ada banyak teknologi yang digunakan oleh perusahaan jasa asuransi sesuai dengan adanya perkembangan zaman. Salah satu teknologi yang digunakan oleh agen atau perusahaan adalah teknologi cashless. Cashless adalah sebuah teknologi yang memudahkan klaim kesehatan bagi para konsumen. Teknologi ini dilakukan dengan menggunakan kartu yang sangat mudah untuk digunakan. Penggunaan sistem cashless ini dilakukan dengan sekedar menggesek kartu asuransi yang anda miliki di rumah sakit yang anda gunakan untuk rawat inap.

Jaringan rumah sakit dari asuransi
Jasa asuransi apapun membutuhkan rekanan yang luas, makin luas rekanan yang dimilikinya maka makin baiklah jenis asuransi tersebut. Hal ini disebabkan karena asuransi tersebut dapat digunakan di manapun yang anda inginkan. Jika bisa anda bisa memilih perusahaan asuransi yang memiliki rekanan hingga keluar negri. Sistem kesehatan dan juga pengobatan di Indonesia yang kurang lengkap terkadang mengaharuskan anda untuk melakukan pengobatan di luar negri. Jika hal ini terjadi, anda yang memiliki membership asuransi pada perusahaan jasa asuransi dengan rekanan yang luas akan membuat anda lebih mudah dalam melakukan pengobatan keluar negri.

Hindari tergiur promo tanpa melakukan survey
Ketika anda memutuskan untuk membeli polis perusahaan asuransi untuk bidang kesehatan, hindari membeli dari agen yang menawarkannya secara jarak jauh menggunakan telemarketing. Ketika anda akan membeli asuransi di telemarketing, anda tidak bisa memahami polis yang akan anda tandatangani dengan sebenar-benarnya. Selain itu anda tidak bisa melakukan survey terlebih dahulu mengenai asuransi yang menguntungkan atau tidak. Oleh karena itu hindari membeli asuransi kesehatan yang ditawarkan secara telephon untuk menghindari terjadinya kerugian di masa depan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 9:20:00 AM

Related : Faktor Penting Ketika akan Membeli Asuransi Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment