Memilih Jasa Asuransi Mobil yang Murah dan Tepat

Asuransi mobil murah sebetulnya tidak semata-mata dilihat dari suku premi yang dimiliki oleh asuransi tersebut. Masih ada banyak faktor yang perlu diperhatikan ketika seseorang ingin membeli asuransi untuk mobilnya. Mobil memang salah satu harta benda yang nilainya cukup besar, meskipun merupakan salah satu kebutuhan tersier, kepemilikan mobil saat ini memang bukan hal yang jarang. Saat ini hampir semua orang memiliki paling tidak 1 mobil di rumahnya entah untuk alasan kepentingan keluarga ataupun untuk alasan bisnis.
Asuransi Mobil Murah

Jenis asuransi mobil
Pada dasarnya asuransi untuk kendaraan roda 4 ada 2 jenisnya yaitu asuransi All Risk dan juga Total Loss Only. Keduanya dibedakan pada area untuk klaim yang dilakukannya. Untuk asuransi All Risk, anda mendapatkan hak untuk melakukan klaim pada setiap masalah yang bisa menimpa mobil anda, mulai dari kerusakan, kecelakaan dan juga karena kerusakan yang disebabkan masalah tidak terduga seperti adanya demonstrasi. Sedangkan untuk asuransi TLO atau Total Loss Only merupakan sebuah asuransi yang akan memberikan perlindungan pada mobil jika terjadi kerusakan berat atau hilang. Sebetulnya cakupan masing-masing jenis asuransi ini juga berbeda-beda tergantung dari pihak jasa yang menawarkannya. Ada yang memberikan fitur penggantian biaya kerusakan berat untuk asuransi TLO dan ada juga yang hanya mengganti jika mobil anda hilang. Semuanya harus anda perhatikan pada saat anda akan mencari perusahaan jasa asuransi.

Banykanya agen asuransi dan juga jenis asuransi serta cakupan asuransinya membuat anda harus pandai-pandai memilih jenis asuransi mana yang cocok dan menguntungkan. Oleh karena itu untuk langkah pertama lakukan dahulu survey untuk membandingkan asuransi mobil yang satu dengan asuransi mobil yang lainnya.

Faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih asuransi
Ketika anda akan melakukan survey untuk memilih jasa dan jenis asuransi yang akan anda lakukan maka kenali dahulu kebutuhan anda akan asuransi tersebut. Apakah anda menyukai atau lebih membutuhkan asuransi yang seperti apa. Jika sudah,anda bisa melihat fitur dan juga tawaran yang dilakukan oleh agen asuransi untuk anda. Tapi jika anda tidak memiliki karakteristik khusus mengenai asuransi yang anda inginkan, anda bisa melihat beberapa aspek fitur dari asuransi kendaraan roda 4 seperti berikut ini :

Suku premi
Suku premi adalah biaya yang harus dibayarkan oleh mereka yang menandatangani premi asuransi sebagai salah satu tanggung jawab yang dimiliki oleh anggota asuransi. Pembayaran suku premi ini dilakukan setiap bulan dengan jumlah yang berbeda-beda pada setiap agen asuransinya. Untuk melihat sebuah asuransi mobil murah atau tidak, anda bisa membandingkan jumlah suku premi yang dimilikinya dengan fitur yang anda dapatkan. Suku premi antara program All Risk dan juga Total Loss Only ini berbeda-beda. Untuk suku premi Total Loss Only biasanya lebih murah daripada suku premi dari jeni asuransi All Risk.

Umur kendaraan yang diperbolehkan
Faktor selanjutnya yang harus diperhatikan oleh para pemilih asuransi adalah umur kendaraan maksimal yang diperbolehkan oleh jasa asuransi. Kebijakan tiap jasa asuransi untuk usia maksimal berbeda-beda seperti mengenai suku preminya. Ada yang menetapkan usia maskimal mobil tidak lebih dari 8 tahun tapi ada juga yang menetapkan bahwa usia mobil maksimal yang bisa diasuransikan hingga 20 tahun. Meski yang memiliki maksimal usia 20 tahun terlihat cukup menjanjikan, tapi sebelum memilihnya anda harus melihat dahulu apakah tawaran selain usia kendaraan yang besar ini menguntungkan atau tidak.

Fitur perlindungan tambahan
Ketika anda membaca premi polis anda pastikan anda tidak melewatkan sedikitpun poin yang ada di polis tersebut. Hal ini digunakan untuk mengetahui seluk beluk dan keuntungan yang bisa anda dapatkan dari asuransi mobil yang anda pilih. Tanyakan setiap detail yang anda tidak mengerti agar tidak ada kesalahpahaman di masa depan yang membuat hubungan anda dengan jasa asuransi kurang mengenakkan. Selain itu lihat juga mengenai detail perlindungan yang dimiliki oleh asuransi. Jika perlu tanyakan mengenai perlindungan tambahan yang dimilikinya. Setelah itu bandingkan antara biaya premi serta fitur tambahan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dengan perusahaan jasa asuransi yang lain, setelah itu pilih yang menurut anda paling menguntungkan.

Jumlah rekanan
Mobil memang memiliki ukuran yang besar, oleh karena itu bagi anda yang sering berada di daerah yang padat dan memilih asuransi jenis All Risk pastinya khawatir jika mobil anda mengalami kerusakan-kerusakan kecil bukan? Jika ya maka mengetahui jumlah rekanan yang dimiliki oleh sebuah jasa asuransi merupakan salah satu hal yang penting. Semakin luas persebaran rekanan bengkel dari sebuah asuransi jasa dan semakin banyak jumlahnya maka akan semakin baik bagi jasa tersebut.

Semua faktor yang telah disebutkan diatas merupakan faktor yang sama pentingnya. Setelah melihat faktor diatas anda bisa melihat keuntungan-keuntungan yang bisa anda dapatkan dari sebuah jasa asuransi mobil murah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 8:06:00 AM

Related : Memilih Jasa Asuransi Mobil yang Murah dan Tepat

0 komentar:

Post a Comment