Asuransi Marine Cargo Untuk Pengangkutan Barang Jalur Laut

Sama halnya dengan asuransi diri, asuransi marine cargo juga sangat penting untuk sebuah barang kiriman anda. asuransi marine cargo sendiri adalah salah satu jenis asuransi atau rasa pertanggung jawaban yang mana memberikan jaminan atau memproteksi terhadap kemungkinan adanya kerugian atau kerusakan pada satu objek yang menjadi tanggung jawabnya. Tanggung jawab ini dilakukan sebagai akibat dari bahaya – bahaya yang terjadi di laut atau maritme Aperils yang terjadi dalam masa pengangkutan dengan melalui jalur laut yang dipilih.

Asuransi Marine Cargo

Asuransi marine cargo menjadi sangat penting, hal ini karena ada beberapa hal yang bisa terjadi di laut. Beberapa bahaya yang terjadi di laut diantaranya terbagi atas beberapa kelompok utama. Diantaranya adalah :

Perlis On The Sea
Ini adalah salah satu bahaya yang akan terjadi atau akan timbul selama diatas laut itu sendiri. Beberapa contoh nyatanya adalah Kapal kandas, Tenggelam, terjadi kebakaran, tabrakan dan peledakan yang biasanya adalah Sunk, Stranded, Collosion, Burnt dan explosion  atau yang biasanya disebut dengan SSBCE

Perlis Of The Sea
Ini adalah salah satu jenis bahanya yang akan terjadi atayu akan timbul arena keadaan dan sifat dari lautnya sendiri. Beberapa contoh nyatanya adalah Terjadinya badai, earthquarke, gelombang tinggi, Typhoon, cuaca yang buruk,masuknya air ke dalam tempat penyimpanan barang atau palka. Ini adalah hal umum yang sering terjadi

Extraneous Perils
Ini adalah salah satu bahaya dan salah satu resiko yang sangat ekstra di luar Perils on The Sea dan juga perlis of the sea. Beberapa contoh nyatanya adalah terjadi Theft, Robbery, Pilgerahe, dan masih banyak lainnya.

Mengingat beberapa bahaya yang terjadi dilaut ini, maka akan sangat penting jika anda melakukan asuransi terhadap barang anda. Selain itu, saat memilih jenis asuransinya. Sebenarnya ada tiga jenis kelompok dari asuransi marine cargo ini sendiri beberapa diantaranya adalah :

Pengangkutan barang export
Ini adalah salah satu jenis asuransi yang dilakukan untuk melindungi barang – barang yang memang ingin anda kirimkan dari wilayah Indonesia keluar negeri

Pengangkutan barang import
Ini adalah salah satu jenis asuransi yang dilakukan untuk melindungi barang – barang yang dikirmkan dari luar negeri masuk ke wilayah indonesia

Pengangkutan antar interinsular atau antar pulau dalam negeri
Ini adalah salah satu jenis asuransi yang bisa anda lakukan untuk bisa melindungi barang – barang yanga kan dikirimkan antara satu kota atau antar pulau lain dalam satu negara saja.

Untuk proses transaksi dalam asuransi marine cargo ini sendiri bisa anda lakukan dengan beberapa jenis transaksi. Beberapa transaksi penjualan yang bisa anda lakukan daam satu perdagangan dalam negeri ataupun jenis perdagangan luar negeri, baik antar penjual atau pembeli. Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui secara umum saat akan melakukan transaksi penjulan ini beberapa diantaranya adalah :
  • Free on Board atau FOB : Ini adalah salah satu transaksi dalam penjulalan dimana semua adalah tanggung jawab dari penjual hingga barang ini sampai di kapal dan sudah dikapalkan dan siap untuk akan dikirimkan pada pembeli
  • Cost And Freight atau C & F : ini adalah salah satu transaksi dalam penjualan dimana semua tanggung jawab dari penjual sampai barang itu sudah berada di kala dan telah dikapalkan dan siap akan dikirimkan pada si pembeli. Harga tersebut juga biasanya termasuk juga ongkos dan biaya pengkapalan dengan biaya sesuai dengan negara si pembeli barang.
  • Cost Insurance And Freight atau CIF : Ini adalah salah satu bentuk transaksi dalam penjualan dimana semua tanggung jawab di penjual hingga barang sudah berada diatas kapal atau sudah dikapalkan dan siap akan dikirimkan pada pembeli. Harga barang ini juga sudah termasuk biaya untuk premi asuransi dan biaya atau ongkos pengapalan ke negara si pembeli.
Jika ditanyakan apa hubungan antara asuransi dengan transaksi penjualannya adalah kondisi transaksi dari FOB dan C &F ini mak si pembeli memiliki hak untuk memiliki asuransi objek yang dipertanggung jawabkan di negara pembeli. Sedangkan CIF, sipebeli tidak memiliki hak untuk melakukan asuransi objek yang dipertanggung jawabkan karena penutupan dari asuransinya telah dilaksanakan oleh negara si penjual.

Dengan alasan – alasan inilah maka sangat penting untuk anda memiliki asuransi marine cargo pada barang – barang yang anda miliki. Sehingga keamanan akan jauh lebih terjaga dan barang anda juga akan jauh lebih aman saat akan diantarkan. Terutama adalah pada saat anda memilih untuk menggunakan jasa asuransi ini untuk pengiriman jarak jauh dan menyeberangi beberapa negara. Ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika menggunakan asuransi marine cargo dan salah satu alasan terbaik anda mengapa memang harus menyetujui menggunakan asuransi ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 11:23:00 AM
Tags :

Related : Asuransi Marine Cargo Untuk Pengangkutan Barang Jalur Laut

0 komentar:

Post a Comment