Tips Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik untuk Karyawan

Perusahaan yang besar adalah perusahaan yang mempu menghasilkan keuntungan yang besar. Untuk membuat keuntungan yang besar, sebuah perusahaan harus melakukan banyak cara salah satunya adalah dengan menjamin keselamatan kesehatan dari karyawan dengan memberikan asuransi kesehatan karyawan. Saat ini asuransi kesehatan untuk karyawan adalah hal yang penting bagi perusahaan. Akan tetapi memilih asuransi kesehatan untuk perusahaan bukan merupakan hal yang mudah dilakukan. Diperlukan banyak pertimbangan agar bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang cocok dan menguntungkan bagi perusahaan atau bagi karyawannya.

Untuk memilih asuransi kesehatan yang terbaik untuk karyawan di perusahaan anda, terlebih dahulu anda harus menentukan keuntungan yang anda inginkan dari asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Hal ini disebabkan karena setiap jasa asuransi yang berhubungan dengan kesehatan karyawan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk memilih asuransi keehatan untuk perusahaan yang sesuai berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan.

Besar skala perusahaan
Ketika anda akan memilih perusahaan asuransi kesehatan untuk karyawan di perusahaan anda, harus mengetahui besar skala perusahaan anda terlebih dahulu. Semakin besar perusahaan, biaya premi yang bisa anda dapatkan mungkin akan semakin kecil. Program asuransi untuk kesehatan karyawan memang berbeda-beda, mulai dari nilai premi hingga jumlah minimal anggota yang ikut. Jika anda berada dalam perusahaan yang besar, mengikuti asuransi dengan skala yang besar akan menguntungkan untuk anda, tapi jika perusahaan anda masih berupa perusahaan yang kecil anda bisa menggunakan asuransi grup yang kecil.

Tanggungan yang bisa diberikan oleh asuransi
Asuransi untuk karyawan sebuah perusahaan ada yang diberikan pada karyawannya saja dan ada juga yang diberikan pada anggota keluarganya juga. Jika anda perusahaan yang cukup besar, memberikan asuransi pada karyawan dan juga anggota keluarganya akan memberikan nilai gengsi yang lebih besar bagi anda. Selain untuk mendapatkan nama baik, anda juga bisa mendapatkan loyalitas dari karyawan yang anda miliki. Pemberian asuransi pada karyawan perusahaan sesungguhnya tidak hanya diberikan untuk menunjang keselamatan kerja dari para karyawan tapi juga untuk meningkatkan loyalitas dan juga semangat kerja yang dimiliki oleh karyawan.

Rekanan kerja yang dimiliki oleh jasa asuransi
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan untuk memilih jasa asuransi adalah melihat rekanan kerja yang dimiliki perusahaan tersebut. Makin luas rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi kesehatan karyawan, maka makin baik untuk anda. Hal ini juga merupakan pertimbangan yang sangat penting bagi anda yang memiliki perusahaan dengan banyak cabang, semakin banyak cabang yang anda miliki maka semakin banyak wilayah kerja yang anda miliki. Untuk mencakup wilayah kerja yang besar ini, dibutuhkan renanan perusahaan asuransi yang juga luas.

Klaim yang bisa dilakukan
Hal ini sangat penting untuk anda yang akan memilih jasa asuransi untuk bidang apapun. Jika dikaitkan dengan asuransi kesehatan untuk karyawan yang berada di perusahaan anda, beberapa layanan klaim yang perlu dipenuhi antara lain adalah perawatan rawat jalan dan juga klaim untuk persalinan. Jika perusahaan asuransi menawarkan klaim yang lebih biasanya karyawan mungkin akan mendapatkan klaim untuk perawatan gigi dan juga untuk membeli kacamata sebagai klaim optik.

Layanan konsumen yang siaga
Karena asuransi ditujukan untuk karyawan sudah pasti perusahaan asuransi tersebut akan melakukan pelayanan untuk banyak orang. Apalagi asuransi kesehatan sering kali tidak hanya diberikan pada karyawan tapi juga pada keluarganya. Oleh karena itu, jika anda akan memilih sebuah perusahaan asuransi perhatikan customer service yang dimilikinya. Memilih perusahaan yang memilik customer service yang banyak dan siaga selama 24 jam sangat penting untuk karyawan anda. Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika ada karyawan yang mendadak harus masuk ke rumah sakit pada waktu tengah malam.

Premi yang dimiliki
Nilai premi merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih jasa asuransi. Ketika memilih asuransi berdasarkan premi anda tidak boleh serta merta melihat nilai preminya saja, akan tetapi perhatikan juga mengenai fasilitas yang bisa didapatkan, apalagi jika anda memiliki perusahaan yang besar. Nilai premi yang murah adalah nilai premi yang sesuai dengan fasilitas yang diberikannya. Jika anda mendapatkan asuransi untuk karyawan dengan nilai yang murah tapi fitur dan fasilitasnya kurang maka hal ini juga merupakan kerugian untuk anda.

Teknologi cashless
Saat ini ketika anda akan memilih perusahaan asuransi, pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki teknologi cashless. Teknologi cashless adalah teknologi yang membuat klaim anda terasa lebih mudah, teknologi ini membuat karyawan anda bisa melakukan klaim meski tanpa pencairan uang secara tunai. Teknologi ini bisa digunakan untuk membayar biaya rumah sakit hanya dengan menggeseknya, cara kerja yang mirip dengan ATM ini membuat asuransi kesehatan karyawan akan terlihat lebih modern dan bebas ribet.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 9:35:00 AM

Related : Tips Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik untuk Karyawan

0 komentar:

Post a Comment