Penjelasan Perbedaan Asuransi Dan Investasi Terbaik

Asuransi dan Investasi sebenarnya dua hal yang berbeda. secara umum asuransi adalah proteksi dan bukan investasi. Saat anda membeli produk asuransi maka salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan sebuah perlindungan dari kemungkinan kejadian yang tidak anda inginkan. Bahkan walaupun produk asuransi yang anda ambil ini adalah jenis unit link tapi salah satu tujuannya adalah proteksi bukan investasi.

Asuransi Dan Investasi Terbaik

Sebenarnya bukan masalah benar atau salah tujuan dari asuransi untuk investasi. Ada banyak instrumen lain yang bisa anda berikan untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dengan biaya yang jauh lebih murah. Misalanya dalah obligasi dan juga saham. Sedangkan investasi unit link ini sebenarnya hampir sama persis dengan reksadana. Ini adalah kumpulan dari dana masyarakat yang dikelolah oleh seorang manajer investasi dan disalurkan dalam instrumen investasi dan biasanya dalam bentuk deposito. Untuk jenis investasi ini sebenarnya mengandung resiko namun yang berbeda resikonya akan jauh lebih rendah daripada struktur biayanya. Asuransi bukan hanya berbeda dengan investasi, tapi juga memiliki sifat yang sangat bertolak belakang. Dan untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa perbedaan asuransi dan investasi.

Asuransi memiliki tujuan melindungi uang agar tidak habis, Investasi memiliki tujuan mengembangkan uang agar bertambah banyak
Salah satu contohnya adalah ketika anda memiliki jumlah tabungan 100 juta dengan asuransi kesehatan, uang 100 juta ini tidak perlu anda gunakan saat anda mengalami kecelakaan atau sakit. Tapi jika investasi, anda memilki uang 100 juga anda ingin melakukan investasi sehingga dalam 5 tahun kedepan anda bisa mendapatkan 200 juta

Asuransi bertujuan untuk berjaga – jaga ada kemungkinkan buruk yang mungkin terjadi, Investasi mempersipakan apa yang diinginkan dimasa depan
Hal buruk mungkin saja bisa terjadi kapanpun misalnya anda memiliki kondisi yang kritis, mengalami kecelakaan atau mengalami cacat tetap dan kemungkinan buruk meninggal dunia. Kondisi ini bisa jasa dan kapan saja mungkin terjadi. Dengan kemungkinan ini membuat anda berfikir untuk melakukan asuransi sehingga untuk keuangan bisa dengan mudah anda atasi dan meminimalisirnya. Sedangkan investasi ini biasanya berhubungan dengan apa yang anda harapkan dimasa depan misalnya adalah untuk pendidikan, beribadah haji dan juga dana pensiun. Ini semua membutuhkan dana tapi dalam waktu yang bisa anda prediksi dan anda rencanakan sehingga anda bisa mempersiapkannya. Inilah yang disebut dengan investasi ( untuk dalam waktu yang panjang ) dan menabung ( untuk dalamw aktu yang pendek )

Asuransi untuk jangka pendek, investasi untuk jangka panjang
Asuransi untuk jangka pendek karena memiliki nilai dan manfaat asuransi semakin mengecil seiiring dengan waktunya. Misalnya jika anda memiliki yang asuransi jia 1 miliar, maka untuk saat ini akan terasa besar, tapi lama kelamaan akan semakin kecil karena nilai inflasi. Sehingga setiap periodenya misalnya 5 tahun harus melakukan upgrade. Sedangkan untuk investasi ini dalam jangka yang panjang karena keuntungan dari investasi akan memperbesar peluang. Semakin lama panjang investasi maka keuntungan yang anda hasilkan juga akan menjadi semakin besar.

Asuransi Jangka Pendek. Invetasi Jangka Panjang
Asuransi sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama, sedangkan investas membutuhkan wakttu yang panjang. Ini adalah salah satu perbedaan lain yang benar – benar harus anda sadari. Ada banyak orang menolak untuk melakukan asuransi karena uang mereka lebih baik di investasikan. Padahal tanpa diketahui musibah bisa saja terjadi kapaun dan tentu tabungan anda belum pasti banyak dan bisa habis dalam waktu sekejap. Dengan melakukan asuaransi maka dalam waktu singkat anda sudah memiliki sejumlah uang untuk menganggulangi kemungkinan dampak kemungkinan ada musibah yang akan mungkin terjadi karena pada dasarnya asuransi menggunakan prinsip berbdai resiko.

Asuransi menggunakan kekuatan bersama, Investasi menggunakan kekuatan sendiri
Untuk mengantisipasi hal yang mungkin terjadi dan tidak terduga maka akan jauh lebih efektif melakukan bersama. Asuransi bisa mengumpulkan dana dalam jumlah yang besar secara cepat karena ada banyak orang yang akan terlibat didalamnya. Hampir semua orang dalam anggota ini akan merelakan sejumlah uamh mereka untuk membayar klaim dari anggota lainnya dan mereka tidak akan keberatan jika dirinya sendiri tidak mendapatkan klaim. Sedangkan untuk investasi sebenarnya sangat murni uang sendiri. Dimana nilai investasi pada produk unit link adalah milik sendiri tidak ada campur tangan dari pihak lain dan anggota lain.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai perbedaan dari asuransi dan investasi yang mungkin bisa anda pahami dan bisa membantu anda dalam memecahkan permasalahan ini. Sebenarnya asuransi dan investasi adalah dua bagian yang cukup penting anda miliki. Karena keduanya sama – sama bisa melindungi anda untuk masa depan yang jauh lebih baik, untuk itu sebaiknya secapat mungkin untuk melakukan perencanaan masa depan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 8:02:00 AM
Tags :

Related : Penjelasan Perbedaan Asuransi Dan Investasi Terbaik

0 komentar:

Post a Comment