Penjelasan Asuransi Kelautan Dalam Berdagang

Keanekaragaman akan aplikasi asuransi kini sudah semakin banyak jenisnya. Hal ini didasari akan keinginan untuk tetap terlindungi dan juga aman dari segala kemungkinan yang bisa merugikan setiap orangnya. Dimulai dari asuransi hidup, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi usaha, asuransi kecelakaan dan masih banyak hal lainnya. Namun, ada salah satu jenis asuransi yang sebenarnya sudah ada sedari dulu namun eksistensi nya tidak begitu banyak diketahui. Padahal, faktanya, jenis asuransi ini sangatlah dibutuhkan, terutama bagi mereka yang bergerak dalam bidang bisnis yang mengimpor atau mengekspor barang ke luar pulau ataupun luar negeri. 


Asuransi ini adalah asuransi kelautan. Jenis asuransi ini bisa menanggung dan melindungi barang yang anda inginkan yang dikirim melaui jalur laut. Banyak sekali jenis perlindungan yang bisa anda dapatkan dengan meggunakan asuransi kelautan tersebut. Dalam artikel ini akan ada sedikit pembahasan tentang asuransi kelautan dan juga hal-hal mendetail lainnya yang layak untuk anda ketahui.

Pengertian dasar aplikasi asuransi kelautan
Asuransi kelautan adalah salah satu jenis asuransi yang sudah ada dari dahulu kala dan tertulis dengan jelas dalam undang-undang perdagangan Indonesia. Asuransi ini sangatlah berguna bagi para pebisnis yang sering mengirimkan barang produksi mereka baik itu antar pulau ataupun antar Negara. Karena biaya yang lumayan mahal apabila anda mengirim melalui jalur udara, pengiriman melaui jalur laut ini kadang menjadi solusi yang tepat dalam pengiriman barang. 

Kehadiran asuransi kelautan ini menjadi solusi yang sangat baik bagi anda semua agar barang yang anda kirim ataupun barang yang anda inginkan terjamin dalam proses pengirimannya, baik itu dari keasliannya dan juga keselamatannya. Pada pasal 596 tertulis jelas tentang hal-hal yang termasuk dalam asuransi kelautan yang bisa anda gunakan. Hal ini berlaku pada barang yang akan dikirimkan pada anda, asalkan itu tidak berbentuk emas ataupun perak. Dengan begitu kejaminan akan keselamatan barang tersebut terjaga oleh asuransi tersebut.

Larangan pada asuransi kelautan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa asuransi kelautan ini sudah tertulis dengan jelas dalam undang-undang Indonesia. Dalam undang-undang tersebut tertulis dengan jelas bahwa ada juga beberapa barang yang tidak bisa diasuransikan dalam perjalanan laut ini. Barang tersebut adalah barang-barang yang tentu saja dilarang di Negara ini dan tertulis dengan jelas dalam undang-undang. Selain itu senjata tajam, obat-obatan khusus, narkoba dan sejenisnya pun sudah sangat jelas dilarang untuk diasuransikan dalam perjalanannya.

Masa waktu pertanggungan asuransi laut
Hal yang pertama adalah ketika barang tersebut sudah diasuransikan terlebih dahulu, dan barang tersebut sudah berangkat dengan menggunakan kapal dan nahkoda yang sudah terverifikasi dan terpercaya. Selain itu, barang yang bisa diasuransikan adalah barang yang tiba lebih cepat atau paling lama 21 hari setelah keberangkatannya. Apabila terjadi sebuah kerusakan, maka barang tersebut masih dalam perlindungan asuransi. 

Namun apabila barang tersebut berada dalam perjalanan dalam jangka waktu lebih dari 21 hari, maka asuransi tersebut tidak bisa diaplikasikan. Namun, apabila terjadi kerusakan pada sebuah kapal, dan asuransi tersebut bertugas dalam melindungi barang dagangan, maka perahu tersebut bisa berhenti untuk segera diperbaiki dan nahkoda berhak membongkar isi dalam kapal tersebut. Setelah barang tersebut dikeluarkan dan ditepikan ke sisi laut, maka asuransi tersebut dengan otomatis akan terhenti.

Ketiga hal di atas adalah dasar-dasar yang bisa anda ketahui dan pelajari tentang pegaplikasian asuransi kelautan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa asuransi ini sering digunakan oleh para pebisnis yang mengimpor atau mengekspor barang antar pulau ataupun antar Negara. Dengan mengaplikasikan asuransi kelautan ini, makan keselamatan dan jaminan pada barang dagangan anda akan terlindungi dengan baik oleh pihak pemberi jasa asuransi. 

Hal ini pun sudah tertulis dengan jelas dalam undang-undang perdagangan Indonesia dimana asuransi tersebut memiliki peran dalam melindungi barang anda yang bergerak melalui jalur laut dengan menggunakan kapal ataupun perahu. Dengan adanya aplikasi kelautan ini, makan semua proses bisnis dan usaha dan juga kirim-mengirim barang dagangan anda akan lebih terjamin dan terhindar dari kerusakan dalam proses pengirimannya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:59:00 AM
Tags :

Related : Penjelasan Asuransi Kelautan Dalam Berdagang