Asuransi Jiwa Sebagai Warisan Kepada Keluarga

Ahli waris – Asuransi jiwa merupakan, asuransi yang menjamin atau melindungi seseorang dari resiko yang sangat besar atau resiko yang bisa membuat orang tersebut meninggal. Dengan adanya asuransi jiwa, maka setiap orang bisa memberikan warisan kepada anggota keluarganya. Ahli waris yang sah menurut undang-undang pemrintah di Indonesia saat ini adalah, anggota keluraga yang masih memiliki hubungan darah. Ahli waris tersebut bisa juga dari pernikahan, bisa isteri atau pun suami. Di Indonesia sekarang ini, sudah banyak orang yang memiliki asuransi jiwa. Dengan tujuan agar anggota keluraganya bisa mendapatkan warisan dari asuransi jiwa tersebut. Cara ini adalah cara yang paling efektif untuk memberikan warisan, karena semuanya sudah tercatat secara resmi pada surat permohonan pada saat Anda akan mengajukan asuransi jiwa.

asuransi-jiwa-sebagai-warisan-keluarga

Akan tetapi, asuransi juga masih menjadi pro kontra bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan, banyaknya kasus-kasus penipuan ataupun urusan yang terbilang rumit yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Namun dengan perkembangan zaman, semua pro kontra itu pun menjadi terkisis sedikit demi sedikit. Karena asuransi merupakan cara yang aman, yang bisa digunakan untuk memberikan warisan tanpa ada pertikaian diantara anggota keluarga sendiri. Pencatatan nama ahli waris yang sah, tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun. Hal ini yang diberikan oleh perusahaan asuransi, agar yang menerima warisan tidak mengalami masalah-masalah lain nantinya.

Tujuan dari asuransi jiwa
Tujuan dari asuransi jiwa adalah, meninggalkan warisan kepada anak ataupun orang tua. Maka apabila Anda sudah menjadi orang tua, ada baiknya Anda menjadi pemegang polis dari asuransi jiwa dan anak Anda menjadi ahli warisnya. Dengan begini, apabila Anda mengalami suatu resiko atau musibah yang berakibat sangat fatal atau meninggal. Maka anak Anda akan menerima uang pertanggungan, uang pertanggungan ini bisa digunakan sebagai jaminan kehidupan anak Anda.

Keluarga pewaris sah dalam asuransi jiwa
Biasanya sebelum Anda diterima menjadi peserta asuransi jiwa pada perusahaan asuransi, Anda diminta untuk mengisi surat permohonan asuransi jiwa (SPAJ). Yang didalamnya sudah terdapat, kepada siapa Anda akan mewariskan harta Anda, apabila Anda mengalami musibah yang bisa berakibat fatal pada diri Anda. Dalam undang-undang pemerintah Indonesia, yang di atur didalam KUHPerdata. Anggota keluarga kandung yang memiliki hubungan darah, adalah pewaris yang harus menjadi prioritas Anda.

Dalam KUHP perdata juga dibagi dalam beberapa golongan orang-orang yang berhak menerima warisan dari Anda. Maka dari itu ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu, mengenai siapa saja yang berhak menerima warisan Anda dalam asuransi jiwa. Akan tetapi, semuanya akan dibalikkan lagi kepada Anda. Karena yang mempunyai hak untuk memberikan warisan adalah Anda sendiri, sehingga Anda bisa saja mencantumkan nama orang-orang yang Anda anggap layak dan pantas untuk menerima warisan dari Anda.

Asuransi jiwa di Indonesia mempunyai peminat yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan fungsi utama dari asuransi jiwa tersebut. Akan tetapi, tidak hanya asuransi jiwa yang bisa Anda jadikan warisan kepada keluarga Anda. Asuransi kesehatan dan juga pendidikan bisa menjadi pilihan Anda, untuk memeberikan warisan kepada keluarga Anda.

Anda bisa memilih cara menggunakan asuransi jiwa, sebagai cara cerdas dan cara efektif untuk meniggalkan warisan kepada anak ataupun orang tua Anda. Karena dengan asuransi jiwa, anak ataupun orang tua Anda sudah dipastikan bisa menerima jaminan berupa uang pertanggungan dari perusahaan asuransi. Yang bisa digunakan oleh anak atau orang tua Anda dalam menjamin kehidupannya, termasuk untuk biaya yang lainnya untuk anak Anda.

Itulah ulasan diatas mengenai asuransi jiwa sebagai warisan kepada keluarga Anda, tujuan dari asuransi jiwa serta pewaris sah dari asuransi jiwa Anda. Pilihlah cara yang cerdas juga efektif, untuk bisa menjamin ataupun meninggalkan warisan Anda tanpa ada masalah-masalah lainnya. Semoga ulasan diatas bisa membantu Anda dalam memilih asuransi dan juga menjadikan keluarga sebagai ahli waris dari asuransi Anda. Dan juga bisa menambah referensi Anda dalam membeli asuransi untuk diri Anda sehingga bisa dijadikan warisan kepada ahli waris.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 2:02:00 PM
Tags :

Related : Asuransi Jiwa Sebagai Warisan Kepada Keluarga