Hal-Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menentukan Rate Asuransi Mobil

Bagi Anda yang mempunyai kendaraan bermobil, dan ingin mengikuti program asuransi mobil, tentunya harus mengetahui dengan baik rate asuransi mobil. Ini penting untuk Anda ketahui, dengan demikian Anda dapat menghitung keuangan Anda dengan baik, dan juga dapat menyisihkan  sebagian uang untuk membayar biaya premi.

Seperti diketahui bersama mengikuti program asuransi seperti ini tentunya sangat bermanfaat dan pastinya akan melindungi kendaraan Anda dari berbagai macam hal yang tidak Anda inginkan, seperti pencurian, kebanjiran, kerusakan, dll. Program seperti ini tentunya sangat baik, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ada trik yang baik dan cara yang baik, untuk mengetahui bagaimana cara membayar premi dan menentukan premi yang baik untuk kendaraan yang Anda miliki saat ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menentukan premi yang pas untuk Anda :

1. Mengetahui tujuan mengikuti program asuransi
Pertama-tama yang harus  Anda ketahui adalah alasan mengapa Anda harus mengikuti program seperti ini. Program asuransi mobil seperti ini memang baik untuk Anda, karena ada banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan. Baik itu keuntungan materil dan keuntungan inmateril. Seperti diketahui ada beberapa program asuransi yang ada pada beberapa perusahaan asuransi. Program-program seperti ini  yang harus Anda ketahui dengan baik, agar Anda tidak salah dalam memilih program.

2. Menghitung berapa biaya premi yang sebaiknya Anda keluarkan
Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menghitung berapa besaran premi yang harus Anda bayarkan ketika akan mengikuti program seperti ini. Untuk menghitung premi seperti ini, mudah sekali, Anda perlu mengetahui total harga kendaraan yang dimiliki saat ini. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki sebuah mobil dengan harga sekitar Rp 200 juta, maka biasanya premi yang harus dibayarkan untuk mobil tersebut sekitar 3%, itu berarti Anda harus membayar premi per tahun sekitar Rp 6 juta.

Dengan informasi seperti ini tentunya akan membuat Anda mengerti dan dapat mencari premi dengan kisaran seperti itu.

3. Mengetahui dengan baik perusahaan yang memberikan premi
Hal berikutnya yang harus Anda cari tahu adalah mengetahui dengan baik reputasi perusahaan yang akan Anda masuki. Sebagai contoh ketika Anda hendak mengikuti program asuransi di sebuah perusahaan, maka sebelumnya Anda perlu mencari tahu mudah atau tidaknya klaim, proses pendaftaran program, dll. Untuk mengetahui hal-hal seperti ini mudah saja. Anda dapat mencarinya di testimoni dari perusahaan tersebut.  Dengan mengetahui berbagai macam hal-hal tersebut, Anda akan menegtahui apakah perusahaan tersebut dapat dipercaya dan akan memberikan informasi dan pelayanan yang Anda inginkan atau tidak. Ini juga yang akan membuat Anda mempercaya bahwa uang Anda akan dikelola dengan baik oleh perusahaan tersebut.

4. Memilih program asuransi mobil yang tepat
Hal berikutnya adalah memilih program asuransi yang tepat. Saat ini ada beberapa program asuransi yang dapat Anda ikuti, dua diantaranya yang biasanya ditawarkan adalah program all risk dan TLO / Total Lost Only

Kedua program ini adalah produk yang paling banyak digunakan dan pastinya akan memberikan perlindungan yang baik untuk kendaraan Anda. yang dimaksud dengan program all risk atau komprehensif adalah sebuah program perlindungan total. Adapun yang dimaksud dengan perlindungan total ini adalah perlindungan terhadap berbagai kerusakan, kehilangan mobil, kecelakaan, dll.

Sedangkan yang dimaksud dengan Total Lost Only adalah sebuah biaya pergantian yang meliputi perbaikan kerusakan kendaraan di atas 70%, selain itu produk ini juga akan melindungi penggantian jika terjadi kehilangan atas kendaraan terebut.

Dengan mengetahui premi-premi seperti ini, tentunya Anda dapat memilih produk asuransi yang terbaik, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini juga yang kemudian dapat membuat Anda mudah menghitung premi yang harus dibayarkan.

Penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam hal yang berhubungan dengan produk asuransi tersebut. Dengan mengikuti program asuransi yang pas tentunya Anda akan merasa aman dan nyaman ketika mengendarai mobil tersebut. Demikianlah beberapa ulasan mengenai rate asuransi mobil yang perlu Anda ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:54:00 PM

Related : Hal-Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menentukan Rate Asuransi Mobil