Pentingnya Mengetahui Rate Asuransi Mobil

Harga rate asuransi mobil memang harus Anda ketahui, hal seperti ini ada kaitannya dengan biaya pengeluaran atau premi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Seperti Anda ketahui saat ini ada banyak sekali kejadian tidak menyenangkan yang berhubungan dengan kendaraan, seperti kecelakaan mobil, pencurian kendaraan bermobil, dll. Hal-hal seperti ini tentu tidak ingin Anda dapatkan. Untuk mengatasi hal-hal seperti itu sebaiknya Anda mengantisipasinya dengan mengikuti program asuransi kendaraan.


Hal-hal yang harus diperhatikan
Sebelum Anda mengikuti sebuah program asuransi mobil, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu rate atau premi yang harus dibayar, agar Anda dapat mengatur keuangan dengan lebih baik. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda ketahui ketika akan memilih sebuah asuransi mobil :

1. Perhatikan keuangan yang Anda miliki saat ini
Pertama-tama hal yang harus Anda perhatikan adalah berapa jumlah keuangan yang Anda miliki saat ini, kemudian hitung berapa biaya yang sanggup Anda bayarkan untuk sebuah premi asuransi. Dengan menghitung keuangan seperti itu, maka budget untuk membayar asuransi tidak akan mengganggu kebutuhan lainnya.

Ada baiknya jika Anda memiliki penghasilan lain khusus untuk menutupi biaya premi yang harus Anda bayarkan. Menggunakan cara seperti ini pastimya tidak akan membuat biaya kebutuhan lain menjadi terbengkalai, namun pastikan ketika Anda mencari usaha sampingan tersebut, tidak mengganggu usaha utama Anda.

2. Lakukan survey terhadap beberapa perusahaan asuransi
Anda perlu melakukan survei terhadap beberapa perusahaan asuransi yang ada di kota Anda. Dengan demikian Anda dapat mencari informasi tentang produk asuransi yang tepat, dan Anda juga dapat mengetahui lebih lanjut mengenai keuntungan dankekurangan dari produk asuransi yang ditawarkan.  Anda juga perlu mengetahui reputasi dari perusahaan tersebut apakah perusahaan terebut dapat dipercaya atau tidak, hal seperti ini dapat Anda cari tahu tentang berbagai macam testimoni dari berbagai macam testimoni perusahaan asuransi tersebut.

3. Cek berapa premi yang harus dibayarkan di setiap perusahaan asuransi
Anda juga perlu mengetahui berapa premi yang harus dibayarkan setiap bulan untuk program asuransi yang diikuti. Pastikan program yang diikuti sesuai dengan kebutuhan akan kendaraan Anda dan juga sesuai dengan budget yang telah Anda sisihkan setiap bulannya, tidak terlalu besar, karena secara tidak langsung hal ini akan mengganggu kestabilan keuangan Anda sendiri.

4. Apakah akan menggunakan all risk atau TLO
Hal lainnya yang harus Anda ketahui ketika akan memilih produk asuransi yang tepat, seperti menggunakan program asuransi all risk atau program asuransi TLO (Total Lost Only). Yang dimaksud dengan all risk adalah sebuah program asuransi yang menawarkan produk perlindungan menyeluruh. Adapun perlindungan yang dimasukkan ke dalam program ini seperti biaya perbaikan kerusakan, biaya kehilangan akibat pencurian, dll. Selain itu ada juga program asuransi TLO atau Total Lost Only, program seperti mengganti berbagai macam, biaya perbaikan ketika terjadi kerusakan di atas 70%, dari total nilai mobil itu sendiri. Selain itu program ini juga memberikan perlindungan penggantian kendaraan yang hilang karena dicuri.     

Tips hemat menghitung premi asuransi
Apabila Anda ingin menghitung berapa biaya premi asuransi yang tepat dan hemat, mungkin ada baiknya jika Anda melakukan cara berikut ini. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui berapa total harga mobil yang anda miliki, sebagai contoh ketika Anda memiliki mobil A dengan harga sekitar Rp. 200 juta, biasanya ketika Anda mengikuti sebuah program all risk, maka biasanya premi yang dijatuhkan adalah 3% dari harga total mobil. Maka 3% X Rp 200 juta = Rp 6 Juta per tahun.

Dengan adanya perhitungan seperti ini, tentunya akan membuat Anda mengerti berapa biaya premi yang harus dibayarkan, dan berapa biaya yang harus Anda siapkan, agar dapat membuat premi yang ada tersebut. Mengikuti program seperti ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam melindungi kendaraan yang dimiliki saat ini. Dengan mengetahui dan mengikuti rate asuransi mobil seperti Ini tentunya akan membuat Anda merasa terlindungi, dari berbagai macam hal yang sekiranya membuat Anda terancam ketika memiliki kendaraan seperti pencurian, kerusuhan, banjir, dll.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:28:00 AM

Related : Pentingnya Mengetahui Rate Asuransi Mobil