Penjelasan Ahli Waris Dalam Asuransi

Ahli waris adalah orang-orang yang mempunyai hak atas peninggalan harta dari orang yang sudah meninggal. Baik itu ada hubungan keluarga, pernikahan, atau pun tidak ada hubungan keluarga sama sekali. Ada banyak pengertian mengenai ahli waris, mulai dari hukum pemerintah sampai dengan hukum secara agama. Ahli waris yang sah adalah, ahli waris yang namanya tercatat pada surat wasiat yang dituliskan oleh orang yang ingin mewariskan harta atau apapun, kepada orang yang di anggap berhak dan pantas untuk menerimanya.
 

Dalam asuransi juga terdapat ahli waris, biasanya ahli waris terdapat pada asuransi jiwa. Akan tetapi, pada dasarnya setiap asuransi merupakan sesuatu yang bisa diwariskan oleh seseorang kepada orang lain. Seperti asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya. Pada setiap asuransi setiap klien bisa menuliskan nama orang lain sebagai pewaris dari asuransinya tersebut, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dalam asuransi jiwa terdapat surat permohonan asuransi jiwa (SPAJ).

Dalam prosesnya, surat permohonan asuransi jiwa ini (SPAJ) biasanya klien akan menuliskan nama ahli warisnya. Ahli waris bisa dituliskan berdasarkan hubungan keluarga, pernikahan ataupun yang lainnya. Akan tetapi dalam memproses surat permohonan asuransi jiwa ini, kebanyakan klien menuliskan nama anggota keluarganya, seperti orang tua, istri, dan anak-anaknya. Dalam undang-undang pemerintah, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam penentuan ahli waris atau hak waris.

Penentuan hak waris atau ahli waris
Dalam menentukan ahli waris atau hak waris, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui siapa saja yang berhak dalam harta warisan tersebut. Dalam undang-undang pemerintah yang diatur dalam KUHPerdata, sudah dijelaskan siapa saja yang berhak menerima warisan. Akan tetapi setiap warisan yang akan diberikan, tidak hanya terkait dengan hubungan keluarga. Tetapi juga bisa orang lain yang tidak ada hubungan keluaraga. Tentunya hal ini adalah hak dari Anda yang ingin mewariskan harta atau apapun kepada siapa saja, yang Anda anggap layak dan pantas menerima warisan dari Anda.

Namun pada saat sekarang ini, lebih banyak orang mewariskan hartanya kepada keluarga ataupun orang-orang terdekatnya saja. hal ini dikarenakan, untuk mempermudah memproses surat permohonan asuransi jiwa tadi (SPAJ). Penentuan hak waris atau ahli waris ini, biasanya di bedakan dalam beberapa golongan. Golongan ini merupakan katergori dari hubungan antar pewaris dengan penerima warisan, berikut golongan tersebut:
  • Golongan 1 : bisa suami atau isteri yang masih hidup dan juga anak
  • Golongan 2 : orang tua dan saudara kandung
  • Golongan 3 : keluarga yang masih berhubungan secara garis lurus keatas sesudah bapak atau ibu
  • Golongan 4 : paman atau bibi bisa dari pihak bapak ataupun dari pihak ibu, anak dari paman atau bibi.
Golongan ini adalah, orang-orang yang terlebih dahulu Anda perhitungkan untuk mendapatkan warisan dari Anda. Karena golongan ini sudah diatur dalam undang-undang pemerintah, yang mana harus menjadi prioritas utama ketika Anda ingin mewariskan harta Anda.

Manfaat asuransi
Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda mempunyai asuransi. Baik itu asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan asuransi lainnya. Berikut manfaatnya untuk Anda :
  1. Bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan Anda. Yang nantinya bisa berguna bagi ahli waris Anda.
  2. Anda akan mendapatkan jaminan perlindungan, bisa untuk Anda sendiri ataupun keluarga Anda
  3. Anda bisa mewariskan asuransi Anda kepada keluarga atau orang-orang terdekat Anda.
Ada banyak manfaat dari asuransi yang bisa Anda dapatkan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap masalah-masalah Anda dalam hal kesehatan, pendidikan, ataupun diri Anda sendiri. Pada dasarnya, asuransi ini sangat berguna untuk Anda yang ingin mendapatkan jaminan untuk Anda sendiri ataupun keluarga Anda.

Demikian ulasan diatas mengenai ahli waris dalam asuransi, penentuan ahli waris dan juga manfaat dari asuransi untuk Anda. Setiap asuransi selalu memiliki kelebihan dan manfaatnya tersendiri, tinggal bagaimana Anda menentukan asuransi yang mana yang bagus untuk Anda ataupun keluarga. Semoga ulasan diatas bisa membantu dan menambah referensi Anda dalam menentukan ahli waris.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 1:24:00 PM
Tags :

Related : Penjelasan Ahli Waris Dalam Asuransi