Alasan Pentingnya Membeli Asuransi Mobil

Membeli asuransi mobil pada sebuah perusahaan asuransi kendaraan merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan asuransi tersebut, apalagi jika mobil yang dibeli dengan susah payah dan menjadi salah satu barang aset berharga Anda.
Alasan Pentingnya Membeli Asuransi Mobil

Meskipun, harga mobil tinggi, tapi kerusakan sedikit saja pada mobil akan menurunkan nilai jual mobil. Tentunya Anda tidak ingin mengalami kerugian yang berlipat, sudah membayar biaya reparasi yang tiak murah, masih harus menanggung kerugian dari harga jual mobil. Untuk itulah asuransi kendaraan dibutuhkan.

Memang tidak mudah memilih jenis dan produk asuransi yang sesuai. Tapi jika Anda memahami aturan dan kebutuhan, maka Anda bisa menentukan jenis asuransi yang tepat. Misalkan saja untuk mobil yang dibeli dalam kondisi baru, disarankan untuk menggunakan asuransi all risk yang mencakup kerugian dengan lebih besar, meskipun premi yang dibayarkan juga lebih mahal. Namun, harga itu sesuai untuk risiko yang mungkin dihadapi.

Berbeda jika mobil yang dibeli merupakan mobil bekas dengan pemakaian di atas 3 tahun, mungkin cukup dengan asuransi TLO. Sebab harga mobil dengan besaran premi yang harus dibayarkan tidak sebanding, kecuali Anda memiliki pertimbangan sendiri mengenai nilai mobil tersebut.

Alasan Membeli Asuransi Mobil
Kendaraan bermotor, khususnya mobil merupakan barang mewah yang berharga mahal. Tentunya benda ini menjadi aset berharga keluarga. Untuk melindungi nilai dari aset ini, perlu membeli asuransi yang dapat mengganti kerugian jika suatu saat terjadi musibah pada mobil Anda.

Besarnya biaya reparasi. Misalnya saja mobil mengalami kecelakaan dan mengalami kerusakan yang cukup berat. Tentunya mobil harus dibawa ke bengkel untuk memperbaiki kerusakaan tersebut. Namun, ongkos perbaikan juga penggantian spare part kendaraan cukup mahal. Bahkan, ada bagian-bagian mobil yang berharga jutaan rupiah jika akan mengganti.

Besarnya ongkos reparasi tersebut tentu menjadi beban bagi pemilik. Jika menggunakan asuransi kendaraan, khususnya jenis all risk maka tidak perlu pusing dengan biaya perbaikan. Cukup membayar Rp 300 ribu per kejadian, sisa biaya perbaikan akan dapat diklaim pada pihak asuransi.

Ada banyak risiko yang dapat terjadi pada mobil. Anda tidak pernah tahu musibah yang akan menimpa Anda, termasuk kecelakaan atau kehilangan. Apalagi dengan kondisi jalanan yang macet setiap hari, memperbesar kemungkinan mobil kesayangan terserempet atau tertabrak mobil di belakang. Tentunya perlu melindungi kondisi mobil dari kerugian-kerugian yang bisa terjadi kapan saja.

Menciptakan kenyamanan bagi diri sendiri. Tidak selalu hidup berkecukupan secara finansial. Ada kalanya mengalami surut. Apa jadinya jika mobil mengalami kerusakan parah, sedangkan tabungan menipis dan Anda tidak memiliki uang lebih untuk memperbaiki mobil. Padahal mobil tersebut merupakan kendaraan utama untuk mengantarkan Anda bekerja.

Adanya asuransi mobil akan meringankan beban Anda dan tidak perlu khawatir memikirkan biaya perbaikan yang terjadi akibat kecelakaan. Pikiran menjadi lebih nyaman dan tenang.

Memilih Produk Asuransi Kendaraan Sesuai Kebutuhan
Mungkin sebagian orang merasa tidak butuh membeli asuransi kendaraan karena tidak memahami manfaatnya. Apalagi saat ini ada banyak jenis asuransi kendaraan yang ditawarkan. Bagi Anda yang masih bingung memilih asuransi yang tepat untuk mobil Anda, bisa mempertimbangkan hal-hal berikut.

Rekomendasi dealer
Biasanya dealer mobil sudah memiliki rekanan perusahaan asuransi untuk melindungi unit mobil yang dijual secara kredit. Pihak dealer tentu sudah mengetahui seluk beluk perusahaan asuransi, baik dari pembayaran premi hingga proses klaim. Pastinya pihak dealer akan memberikan layanan yang terbaik bagi konsumennya, termasuk usaha perlindungan menggunakan asuransi.

Profesionalitas perusahaan asuransi
Perusahaan asuransi yang sudah memiliki nama, tentu memiliki manajemen yang lebih baik dan terarah. Dengan demikian, bisa dipastikan perusahaan tersebut memiliki reputasi baik dalam proses klaim. Cari informasi mengenai lamanya waktu klaim dari proses pengajuan hingga pembayaran.

Melihat polis asuransi
Perusahaan asuransi mengeluarkan berbagai jenis polis asuransi. Cek dulu detail polis yang ditawarkan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan. Hitung juga nilai premi dengan uang pertanggungan dari polis tersebut. Jika dirasa sudah sesuai, lebih mudah memilih jenis polis asuransi mobil yang tepat dengan kebutuhan Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 8:36:00 AM

Related : Alasan Pentingnya Membeli Asuransi Mobil