Ini Dia Alasan Mengapa Harus Memiliki Asuransi Motor

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, memiliki asuransi motor sangatlah penting untuk meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan, kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor Anda. Apalagi dengan melihat banyaknya pengendara atau pemilik kendaraan bermotor di Indonesia, rasanya perlu mempertimbangkan pentingnya memakai asuransi kendaraan bermotor ini. Memang, pengguna kendaraan bermotor yang semakin marak tidak diiringi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi untuk kendaraan. Maka dari itulah, kita harus mengetahui alasan memiliki asuransi kendaraan bermotor.

Ini Dia Alasan Mengapa Harus Memiliki Asuransi Motor

Alasan Pentingnya Asuransi Motor
Kendaraan bermotor yang saat ini semakin populer dan sudah menjadi kendaraan paling utama di masyarakat Indonesia ini merupakan aset pribadi Anda yang wajib dijaga dan dilindungi. Apalagi kondisi jalanan di Indonesia yang memungkinkan Anda untuk mengalami berbagai macam risiko kecelakaan, tentunya membuat Anda perlu untuk mempertimbangkan memiliki asuransi motor. Risiko memiliki kendaraan tak hanya saja saat berkendara di jalan raya, seperti kecelakaan, tetapi juga bisa saja terjadi pencurian kendaraan bermotor. Hal ini tentunya sangat merugikan diri Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor.

Dengan banyaknya kerugian tersebut, pastinya Anda tak bisa menanggungnya sendiri bukan? terlebih lagi rutinitas sehari-hari Anda jadi terganggu karena berbagai macam risiko yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda kapan pun dan di manapun. Nah, hal inilah yang membuat kita harusnya lebih memahami bagaimana cara untuk mengantisipasi risiko yang akan terjadi di masa depan pada kendaraan bermotor Anda. Salah satu cara yang tepat dan efektif untuk mengantisipasi risiko tersebut yaitu dengan memilih asuransi untuk kendaraan bermotor, sehingga risiko tersebut nantinya ditanggung perusahaan asuransi.

Jaminan Apa Saja Yang ditawarkan Asuransi Kendaraan?
Untuk Anda yang masih awam tentang asuransi kendaraan bermotor ini, tentu masih belum mengetahui apa saja jaminan yang ditawarkan sebuah asuransi motor? Ya, untuk lebih jelasnya Anda bisa mengetahui dan memahami manfaat asuransi kendaraan bermotor, di antaranya :

1. Mengantisipasi Risiko Pencurian atau Kehilangan Kendaraan
Setiap orang tentu tak bisa mengetahui kapan musibah akan terjadi. Sebab yang namanya musibah bisa terjadi kapan saja, di mana saja dan kepada siapa pun. Apalagi kendaraan bermotor saat ini bukanlah barang yang murah untuk dibeli, secara otomatis bila terjadi kehilangan tentunya Anda tak bisa membayangkan berapa banyak kerugiannya bukan? Berbeda halnya bila Anda mempunyai asuransi untuk kendaraan bermotor. Bila terjadi pencurian atau kehilangan kendaraan, dengan begitu perusahaan asuransilah yang nantinya menggantikan besarnya dana kehilangan kendaraan berdasarkan ketentuan yang telah disepakati bersama.

2. Mengantisipasi Risiko Kerusakan Motor
Bukan hanya kehilangan saja yang membuat Anda mengalami kerugian, tetapi kerusakan pada kendaraan bermotor yang bisa saja terjadi entah itu dikarenakan kecelakaan atau apapun tentunya mengharuskan kita mengeluarkan uang lebih banyak lagi. Namun, dengan memiliki asuransi motor maka sebagian besar dari biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan kendaraan bermotor akan ditanggung perusahaan asuransi tersebut. Sehingga, Anda pun tak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang untuk biaya perbaikan kendaraan bermotor Anda.

3. Mengganti Kerugian Pihak Ketiga Akibat Kecelakaan
Ketika terjadinya kecelakaan serta melibatkan orang atau pihak ketiga tentunya membuat Anda wajib bertanggung jawab mengganti kerugian yang ditimbulkan. Selain itu, biaya yang diperlukan pasti tidaklah kecil. Akan tetapi, berbeda halnya bila Anda mempunyai asuransi untuk kendaraan bermotor, di mana pihak perusahaan asuransi inilah yang mengambil alih terhadap permasalahan atas tanggung jawab Anda tersebut. Dengan begitu, Anda pun terbebas dari biaya kerugian pihak ketiga yang sangat mahal akibat kecelakaan yang terjadi.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika Anda memilih asuransi kendaraan bermotor. Saat Anda memilih asuransi untuk kendaraan ini, Anda akan dihadapkan pada 2 pilihan jenis asuransi. Seperti kita ketahui, asuransi kendaraan sendiri terbagi ke dalam 2 macam, di antaranya Total Loss Only atau TLO dan All Risk. Asuransi kendaraan TLO merupakan jenis asuransi yang hanya menjamin kehilangan kendaraan bermotor saja ataupun bisa juga karena kerusakan kendaraan melebihi 75%. Sementara All Risk sendiri akan menjamin risiko kerusakan ringan, berat hingga terjadinya kehilangan kendaraan. Nah, Anda bisa memilih jenis asuransi motor mana yang sesuai kebutuhan!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 11:20:00 AM

Related : Ini Dia Alasan Mengapa Harus Memiliki Asuransi Motor