Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik

Saat ini ada banyak sekali produk asuransi perjalanan yang ditawarkan kepada Anda ketika akan melakukan perjalanan dalam waktu yang cukup lama. Namun, asuransi perjalanan ini tidak hanya dibutuhkan untuk perjalanan dalam waktu yang cukup lama, tapi juga perjalanan yang dilakukan dalam waktu yang pendek.
Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik
Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik
Dari sekian banyak asuransi perjalanan yang ada, Anda harus dapat memilih asuransi perjalanan yang baik dengan cermat dan teliti. Jika Anda merasa bingung bagaimana cara memilih asuransi perjalanan yang baik, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Apa kebutuhan Anda.
Cara pertama adalah pilih asuransi perjalanan yang memiliki pelayanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Apabila Anda membutuhkan perlindungan kesehatan, maka pilihlah asuransi yang menawarkan fasilitas tersebut. Sebaiknya Anda juga memilih asuransi yang menawarkan fasilitas perlindungan properti, perlindungan bagasi, dan perlindungan kecelakaan. Anda juga perlu mempertimbangkan berapa jumlah anggota keluarga yang bepergian bersama Anda sehingga Anda dapat memutuskan berapa biaya premi yang harus dibayarkan kepada pihak asuransi.

2. Berapa lama Anda pergi.
Anda harus dapat menentukkan dengan pasti berapa lama Anda akan pergi berlibur. Hal ini akan memengaruhi masa berlaku dari asuransi perjalanan Anda. Asuransi ini akan mulai berlaku saat Anda memulai perjalanan sesuai dengan tanggal yang tertulis di dalam asuransi tersebut. Oleh karena itu, baiknya mulai perjalanan sesuai dengan tanggal tersebut dan jangan terlambat atapun terlalu awal.

3. Cari perbandingan.
Ada baiknya Anda tidak langsung memutuskan untuk menggunakan jasa salah satu asuransi perjalanan, tanpa mencari dan melakukan perbandingan terlebih dahulu. Dengan melakukan perbandingan Anda mungkin akan mendapatkan penawaran fasilitas yang lebih baik dan harga premi yang lebih terjangkau. Anda dapat bertanya pada kerabat atau teman yang pernah menggunakan asuransi perjalanan sebagai referensi. Anda juga dapat bertanya pada agen perjalanan wisata atau maskapai penerbangan soal asuransi perjalanan. 

4. Berapa kali Anda pergi.
Apabila Anda dan keluarga memiliki rencana untuk melakukan perjalanan sebanyak beberapa kali dalam setahun, maka lebih baik Anda menggunakan produk asuransi perjalanan untuk tahunan. Ini tentunya akan menjadi lebih mudah karena Anda tidak perlu berkali-kali membeli asuransi. Selain itu, Anda juga dapat menghemat pengeluaran uang karena harga premi yang dibayarkan tentu lebih ekonomis dibandingkan membeli satu per satu untuk setiap perjalanan. Namun, jika Anda hanya mempunyai rencana pergi liburan dalam setahun, maka cukup menggunakan asuransi perjalanan satu kali jalan saja.

5. Perhatikan kegiatan Anda selama perjalanan.
Tidak semua asuransi perjalanan mau menanggung kegiatan Anda yang memiliki risiko tinggi selama perjalanan berlangsung. Kegiatan yang memiliki risiko tinggi itu seperti menyelam, bungee jumping, ski, atau mendaki gunung. Oleh karena itu, perhatikan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan selama perjalanan. Apakah kegiatan itu memiliki risiko yang tinggi atau tidak. Jika iya, maka cari dan pilihlah asuransi yang mampu menanggung risiko tersebut.

6. Lihat riwayat perusahaan asuransi.
Anda tentunya harus memilih perusahaan asuransi yang memiliki riwayat yang baik. Anda harus memilih perusahaan asuransi yang memiliki nilai yang baik dan mendapat kepercayaan dari masyarakat. Karena hal ini akan berpengaruh pada mudah atau tidaknya cara mengklaim di perusahaan tersebut. Janganlah Anda tergoda memilih perusahaan asuransi hanya karena penawaran biaya premi yang murah, akan tetapi pelayanan dan fasilitas yang diberikan tidak baik. Dan juga proses pengklaiman berjalan sulit dan lama.

7. Perhatikan isi dan penjelasan asuransi.
Anda harus memerhatikan dan membaca isi juga penjelasan asuransi perjalanan dengan baik, cermat, dan teliti. Jangan sampai Anda merasa dirugikan karena ternyata ada poin-poin atau penjelasan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa dengan seksama. Contohnya, Anda dan keluarga akan menggunakan asuransi perjalanan untuk keluarga. Bila Anda akan membawa anak selama perjalanan, maka pastikan apa kriteria anak yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut seperti berapa usia yang masih masuk dalam kategori anak-anak. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan asuransi mempunyai peraturan yang berbeda-beda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:13:00 AM
Tags :

Related : Cara Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik