Ketahui Asuransi Kesehatan Secara Menyeluruh

Ketahui Asuransi Kesehatan Secara Menyeluruh - Sakit dan kecelakaan bisa datang kapan saja dan di mana saja. Asuransi kesehatan memberikan manfaat yang tepat bagi Anda dan keluarga (bila diikutsertakan), karena secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Salah satu fungsi asuransi kesehatan juga dapat menutup banyak biaya dari rumah sakit.

Ketahui Asuransi Kesehatan Secara Menyeluruh

Secara khusus, pengertian asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan atau perawatan para peserta asuransi jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Dalam asuransi kesehatan, ada dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment). Beberapa asuransi juga menanggung biaya untuk akomodasi ruangan, akomodasi ICU, konsultasi dokter, konsultasi dokter spesialis, tindakan bedah, rawat jalan, perawatan di rumah, layanan ambulan, cuci darah, dan lainnya. Beberapa asuransi juga menyediakan fasilitasi biaya untuk penyakit kritis.

Di Indonesia, produk asuransi kesehatan diselenggarakan oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, serta perusahaan asuransi umum. Beberapa perusahaan asuransi kerugian dan asuransi jiwa saat ini juga memasarkan berbagai program asuransi kesehatan dengan varian yang berbeda. Biasanya, perusahaan asuransi yang menyelenggarakan program asuransi kesehatan akan bekerjasama dengan penyedia rumah sakit, bisa secara langsung atau melalui institusi perantara sebagai asisten manajemen jaringan rumah sakit.

Dalam jaminan asuransi kesehatan, pemerintah telah memiliki BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan). Badan usaha milik negara ini ditugaskan secara khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS), pensiunan PNS dan TNI/POLRI, Veteran, pejuang kemerdekaan beserta keluarganya dan ataupun rakyat biasa. Sebelumnya, BPJS Kesehatan bernama Askes (Asuransi Kesehatan) yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero). Namun, sejak tanggal 1 Januari 2014, sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, perubahan nama dilakukan.

Syarat Umum Asuransi Kesehatan
Anda tidak pernah tahu kapan sakit akan menimpa dan mengakibatkan Anda tidak mampu lagi melakukan aktivitas dan pekerjaan seperti biasa. Apalagi, biaya kesehatan dan biaya hidup bisa dikatakan sudah tidak murah lagi. Beban pekerjaan dan kebutuhan hidup juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Ditambah, keadaan lingkungan yang tidak sehat dan penuh dengan polusi. Semuanya semakin memperburuk keadaan.

Karena itulah, asuransi kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap individu. Seakan kita menabung, asuransi ini dapat menanggulangi atau menjamin biaya kesehatan dan menjadi proteksi masa depan Anda. Biaya pelayanan kesehatan yang relatif mahal, akan sangat membebani jika Anda tidak dijamin oleh asuransi.

Masalahnya, saat ini banyak perusahaan asuransi kesehatan yang menawarkan produknya dan bahkan mengklaim produknya adalah asuransi kesehatan terbaik. Bahkan, selain asuransi konvensional, dalam perkembangannya banyak asuransi syariah yang juga menyediakan produk asuransi kesehatan. Banyak klaim juga yang menyertainya; seperti asuransi murni syariah, asuransi syariah pertama, asuransi syariah terbaik, dan lainnya. Akhirnya, Anda pun dibuat bingung untuk memilih. Selanjutnya, Anda akan bertanya tentang semua produk asuransi itu, manakah asuransi kesehatan yang bagus untuk Anda?

Pada saat pengajuan permohonan asuransi kesehatan, Anda boleh memilih lembaga penyedia asuransi kesehatan. Tidak ada syarat umum bagi setiap orang untuk dapat mengikuti asuransi kesehatan. Semua orang bisa mengikuti dan bebas memilih perusahaan penyedia. Namun, sebelumnya Anda wajib membaca dan memahami informasi asuransi kesehatan yang tersedia dan mempersiapkan kelengkapan dokumen yang diperlukan.

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Daftar Asuransi Kesehatan
Dengan membayar premi yang sudah ditentukan besarannya setiap bulan, biaya kesehatan Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi di saat terjadi risiko. Bila dihitung, premi yang dibayar sangat kecil jika dibandingkan uang yang harus dikeluarkan jika suatu saat terjadi musibah yang menimpa. Demi menjamin karyawannya, beberapa perusahaan swasta pada umumnya menyediakan jaminan kesehatan melalui sistem yang dikelola sendiri. Beberapa perusahaan malah memiliki dokter perusahaan, atau menyediakan tunjangan kesehatan yang diterima bersamaan dengan gaji bulanan.

Namun kini, banyak perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan karyawan melalui kerjasama dengan beberapa penyedia asuransi kesehatan di Indonesia. Sebut saja seperti asuransi kesehatan Prudential, asuransi kesehatan Allianz, asuransi kesehatan Sinar Mas, asuransi kesehatan AXA, dan berbagai asuransi kesehatan Indonesia lainnya. Termasuk penyedia asuransi syariah seperti asuransi Takaful Indonesia.

Dalam program tersebut, sebuah perusahaan juga pada umumnya akan menanggung pembayaran premi asuransi kesehatan bagi tiap-tiap karyawannya. Sebab, kegiatan ini menjadi sebuah tunjangan atau benefit yang diterima bagi setiap karyawan. Biasanya, ketika pertamakali mengajukan asuransi kesehatan, dibutuhkan beberapa dokumen pendukung yang diminta. Secara umum, dokumen yang harus dipersiapkan adalah:
  •     Formulir pengajuan asuransi yang telah diisi
  •     Fotocopy/Scan KTP
  •     Akte Kelahiran
  •     Kartu Keluarga
  •     Pembayaran premi pertama
Keuntungan Asuransi Kesehatan
Berbicara tentang keuntungan, asuransi kesehatan menjadi program yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari penggantian uang atau pemberian pelayanan kesehatan, disebabkan oleh penyakit, kecelakaan kerja, kecelakaan diri selain kecelakaan kerja, hingga penggantian penghasilan yang hilang akibat menderita suatu penyakit atau mengalami sebuah kecelakaan. Asuransi kesehatan biasanya juga dipaketkan dengan asuransi jiwa yang dapat memberikan santunan apabila seseorang meninggal dunia.

Artinya, segala biaya yang terkait dengan kesehatan seperti biaya rumah sakit, biaya dokter, biaya obat, dan bahkan biaya operasi akan ditanggung perusahaan asuransi, yang disesuaikan dengan isi perjanjian yang tertera pada polis asuransi kesehatan yang Anda miliki. Beberapa manfaat asuransi kesehatan lainnya adalah manfaat rawat jalan, manfaat rawat inap, dan manfaat perawatan gigi (disesuaikan). Untuk manfaat rawat jalan, biasanya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah biaya konsultasi kesehatan, biaya obat yang sesuai dengan resep dokter, serta biaya atas tindakan pencegahan dan lainnya.

Sedangkan, untuk manfaat rawat inap biasanya biaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya layanan darurat, hingga biaya persalinan. Sementara itu, untuk tambahan manfaat perawatan gigi biasanya mencakup biaya perawatan gigi dasar dan komplek, serta biaya pemasangan gigi palsu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 9:50:00 AM

Related : Ketahui Asuransi Kesehatan Secara Menyeluruh