Asuransi Kesehatan Komersial Jaminan Untuk Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang paling diperhatikan oleh setiap orang, tetapi biaya yang diperlukan untuk mengobati atau mencegah penyakit sangatlah mahal. Sehingga banyak orang yang mungkin, mengalami kesulitan dalam membiayai kesehatan dirinya maupun keluarga. Pada saat sekarang ini, ada alternatif untuk menjamin kesehatan bagi setiap orang yaitu dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini sudah banyak terdapat diperusahaan yang bergerak di bidang asuransi, dengan berbagai macam produk asuransi kesehatan yang diberikan.
Asuransi Kesehatan Komersial Jaminan Untuk Kesehatan

Selain perusahaan swasta, pemerintah juga mempunyai produk asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan dari perusahaan swasta dan pemerintah ini, pada dasarnya memiliki fungsi yang sama hanya saja terdapat beberapa perbedaan. Asuransi kesehatan pada saat sekarang ini, menjadi jaminan kesehatan yang peminatnya sangat banyak. Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin mendapatkan jaminan kesehatan dengan tidak mengeluarkan biaya yang mahal.

Asuransi kesehatan pada perusahaan yang besar, biasanya lebih mewajibkan setiap karyawannya untuk ikut menjadi anggota asuransi kesehatan. Pembayaran premi yang dilakukan dengan cara pemotongan dari penghasilan atau gaji. Dalam asuransi kesehatan biasanya terdapat dua jenis asuransi kesehatan, bisa perorangan dan juga kelompok. Perusahaan asuransi bisa memberikan perlindungan kesehatan bagi setiap masyarakat yang berwarga Negara Indonesia. Untuk asuransi kesehatan yang sifatnya kelompok, biasanya diberikan kepada organisasi, perusahaan, ataupun bisa juga diberikan kepada keluarga. Dengan syarat dalam satu kelompok terdapat lima orang.

Pengertian asuransi kesehatan komersial
Asuransi komersial atau yang biasa dikenal private insurance, merupakan perjanjian asuransi yang sifatnya sukarela. Hal ini dikarenakan setiap orang yang ingin mengikuti asuransi kesehatan komersial ini, berdasarkan keinginan atau kehendak pribadi. Dengan tujuan untuk melindungi diri dari suatu kemungkinan terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.

Asuransi kesehatan komersial biasanya, akan menanggung seluruh biaya yang diperlukan jika pesertanya mengalami jatuh sakit ataupun musibah yang menyangkut kesehatan. Untuk cakupan rumah sakit yang disediakan oleh asuransi kesehatan komersial lebih luas. Hal ini dikarenakan, sebagian besar rumah sakit swasta maupun rumah sakit pemerintah sudah memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi swasta.

Asuransi kesehatan komersial yang terdapat pada perusahan swasta pada saat sekarang ini, sudah memiliki regulasi yang jelas yaitu regulasi Health Insurance. Regulasi ini sudah dilaporkan kepada Bank Dunia, yang kemudian menjadi prinsip dari asuransi kesehatan komersial.

Kelebihan dan kekurangan dari asuransi kesehatan komersial
Setiap sistem yang dilaksanakan memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan asuransi kesehatan komersial. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari asuransi kesehatan komersial:

Kelebihan asuransi kesehatan komersial
  1. Penyelenggara asuransi kesehatan tidak ada batasnya
  2. Manajemen yang dimiliki bersifat responsif dan juga sangat kreatif
  3. Mempunyai pelayanan asuransi kesehatan yang sangat beragam
  4. Pengajuan untuk mengklaim asuransi lebih mudah
  5. Tingkat kepuasan dari peserta sangat tinggi, karena peserta memilih sendiri  manfaat yang diberikan
  6. Mempunyai produk asuransi kesehatan tambahan yang sesuai dengan keinginan peserta asuransi.
  7. Penanganan yang sangat cepat
Kekurangan asuransi kesehatan komersial
  1. Karena sifat kepesertaan yang tidak wajib, subsidi silang yang diberikan tidak begitu terasa oleh pesertanya
  2. Tidak mencakup semua kalangan masyarakat atau penduduk
  3. Biaya administrasi yang cukup besar atau mahal
  4. Bisa memunculkan moral hazard dari perusahaan ataupun peserta asuransi
  5. Administrasi yang sangat rumit
  6. Besaran premi yang sangat tinggi
Asuransi kesehatan komersial pada saat sekarang ini, menjadi pilihan utama bagi orang yang ingin melindungi diri dari suatu permasalahan mengenai kesehatan. Hal ini dikarenakan fasilitas yang diberikan oleh penyelenggara asuransi kesehatan komersial, memiliki kelebihan dari asuransi kesehatan sosial.

Asuransi kesehatan memiliki manfaat bagi setiap peserta asuransi. Manfaat yang didapatkan oleh peserta asuransi kesehatan adalah, bisa mengurangi beban dalam hal kesehatan. Selain mengurangi beban, peserta asuransi kesehatan juga bisa mendapatkan jaminan kesehatan pada masa akan datang atau pada saat mengalami musibah kesehatan lainnya.

Demikain ulasan diatas mengenai asuransi kesehatan komersial serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga ulasan diatas bisa membantu dan menambah referensi Anda dalam memilih asuransi kesehatan yang ingin Anda gunakan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:49:00 PM
Tags :

Related : Asuransi Kesehatan Komersial Jaminan Untuk Kesehatan