Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

Daftar perusahaan asuransi di Indonesia cukup panjang untuk dituliskan, namun hanya beberapa yang memiliki kualifikasi terbaik. Asuransi sendiri berasal dari kata insurance yang artinya ‘pertanggungan’. Secara teknis, asuransi merupakan perjanjian antara nasabah dan perusahaan asuransi mengenai pertanggunggan kerugian dalam jumlah tertentu. Segala hal yang berkaitan dengan ganti rugi harus sesuai dengan kesepakatan awal antara kedua belah pihak. Salah satu syarat utama adalah nasabah telah membayar premi asuransi sesuai perjanjian.

Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia

Saat ini masyarakat Indonesia telah sadar akan pentingnya memiliki asuransi. Apalagi dengan begitu banyak resiko yang harus dihadapi dalam menjalani kehidupan. Jaminan keuangan atas kerugian yang bisa dialami kapan saja dirasa perlu demi menjamin masa depan nasabah dan ahli waris nasabah, Kepedulian masyarakat terhadap asuransi ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah nasabah asuransi setiap tahunnya. Peningkatan jumlah nasabah tersebut diiringi dengan bertambahnya perusahaan asuransi, baik yang konvensional atau syariah.

Jenis Asuransi
Berbagai jenis produk asuransi juga ikut bermunculan untuk melayani kebutuhan nasabah. Misalnya, asuransi kesehatan dan jiwa didesain untuk digabungkan dengan investasi, sehingga tercipta produk asuransi unit link. Ada lagi asuransi resiko, contohnya asuransi kendaraan bermotor yang biasanya dipaketkan dengan kredit kendaraan bermotor, atau asuransi rumah yang disertakan bersama KPR.

Asuransi yang juga digemari masyarakat Indonesia adalah asuransi pendidikan. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi pendidikan untuk menjamin kelangsungan pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi. Ini disebabkan biaya pendidikan yang semakin besar dan sulit dijangkau masyarakat.

Selain itu, persaingan perusahaan asuransi yang semakin ketat juga memaksa perusahaan asuransi untuk melakukan berbagai inovasi pada produk yang ditawarkan. Terutama bagi perusahaan asuransi lokal yang harus menghadapi pesaing dari luar, seperti Allianz dan Prudential. Peta persaingan perusahaan asuransi di Indonesia menjadi berubah, yang sebelumnya didominasi perusahaan lokal, Bumiputera dan Jiwasraya.

Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia

Allianz
Perusahaan asuransi ini berasal dari Jerman dan merupakan perusahaan asuransi terbesar di dunia. Allianz mengembangkan sayapnya di Indonesia sejak 1981. Berbagai produk yang ditawarkan adalah asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun, tabungan, dan benefit pekerja.

AIA Financial
Berkiprah di bidang asuransi sejak 1983. Perusahaan asuransi ini sempat beberapa kali berganti nama, semula PT Asuransi Lippo Jiwa Sakti kemudian berubah menjadi Lippo Life. Selanjutnya, berganti menjadi AIG Lippo. Terakhir berganti nama menjadi AIA Financial, karena 80% sahamnya telah berpindah tangan.

AXA Mandiri
Saham perusahaan asuransi ini dipegang oleh Bank Mandiri dan Axa Group. Biasanya nasabah Mandiri akan ditawari untuk mengikuti asuransi ini.

Bumiputera 1912
Sebagai perusahaan asuransi paling tua di Indonesia, Bumiputera didirikan sejak tahun 1912, perusahaan ini telah melayani jutaan masyarakat Indonesia. Keunikan dari asuransi ini adalah prinsip kebersamaan atau dikenal dengan mutual share yang mereka gunakan, yaitu nasabah menjadi pemilik perusahaan.

Jiwasraya
Jiwasraya adalah satu-satunya perusahaan asuransi yang dimiliki pemerintah dan berstatus Badan Usaha Milik Negara. Perusahaan yang berdiri 31 Desember 1859, pertama kali bernama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLMIJ). Ini menjadi perusahaan asuransi jiwa pertama di Indonesia.

Sinarmas
Asuransi Sinar Mas (ASM) adalah salah satu anak perusahaan Sinar Mas Group yang berdiri sejak 27 Mei 1985. Pertama kali didirikan perusahaan ini bernama PT Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Baru di tahun 1991 berganti nama menjadi PT Asuransi Sinar Mas.

Manulife
Sebagai salah satu cabang Manulife Financial, perusahaan asuransi jiwa ini menjadi yang terbesar di dunia jika dihitung dari kapitalisasi pasar. Jumlah pegawai Manulife di seluruh dunia mencapai 26.000 orang. Di Indonesia perusahaan ini sudah mulai beroperasi sejak 1985.

Prudential
Berdiri tahun 1995 PT Prudential Life Assurance membuka cabang di Indonesia dengan nama Prudential Indonesia. Sebagai bagian dari group Prudential Plc. perusahaan ini bergerak di bidang jasa keuangan ritel yang berbasis di London, Inggris. Track record yang baik menyebabkan perusahaan ini menyabet gelar sebagai Perusahaan Asuransi Terbaik dari Majalah Investor.

Setiap perusahaan asuransi selalu ingin menjadi perusahaan asuransi terbaik. Tapi pada akhirnya, Anda sebagai nasabah yang menjadi penentu. Demikian daftar perusahaan asuransi di Indonesia yang sudah dikenal masyarakat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 6:06:00 PM

Related : Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia