Apa itu asuransi BPJS Ketenagakerjaan? Bagaiamana Cara Klaimnya?

Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan memang cukup rumit bila kita tidak memahaminya betul-betul. Sebelum membahas cara kalimnya, akan dijelaskan lebih dulu mengenai asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan adalah program yang dibuat oleh pemerintah dengan tujuan untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dalam mengatasi resiko sosial dan ekonomi. Penyelenggaraannya memakai mekanisme asuransi sosial.

Berikut ini adalah cara klaim BPJS Ketenagakerjaan :
1. Persiapkan dokumen-dokumen penting dari rumah. Dokumen-dokumen tersebut yaitu :
  •  Kartu Keluarga asli dan fotocopy
  •  KTP/SIM asli dan fotocopy
  •  Surat keterangan berhenti kerja (Surat Paklaring atau referensi) asli dan fotocopy
  •  Kartu Peserta BPJS asli. Jika kartu peserta BPJS Anda hilang, sertakan surat kehilangan yang Anda dapat dari kantor polisi.
  •  Buku tabungan atas nama Anda pribadi dan fotocopy jika Anda ingin dana tersebut dicairkan dengan ditransfer melalui bank. Tidak diperkenankan menggunakan buku tabungan milik orang lain, termasuk keluarga Anda.
2. Meminta 2 lembar formulir permohonan pencairan dana kepada petugas yang ada di resepsionis ataupun security. Formulir tersebut berisi daftar yang diperlukan untuk kelengkapan mencairkan dana dan daftar isi dari data lengkap Anda sebagai peserta BPJS. Isi 2 lembar formulir tersebut sebenar-benarnya.

3. Masukkan dokumen-dokumen yang dibawa dari rumah dan 2 lembar formulir tadi ke dalam dropbox yang berwarna hijau.

4. Petugas akan memeriksa seluruh kelengkapan Anda pada 2 formulir tadi dan dokumen-dokumen yang sudah Anda masukkan ke dalam dropbox hijau. Jika belum lengkap, Anda diharuskan untuk segera melengkapinya. Karena jika tidak, maka klaim BPJS tidak bisa dilakukan dan Anda harus kembali lagi esok.

5. Jika persyaratan sudah terpenuhi, Anda diminta untuk mengambil nomor antrian. Setelah itu Anda akan dipanggil sesuai dengan nomor antrian Anda.

6. Setelah itu, berikan semua dokumen yang Anda persiapkan pada petugas di Pelayanan Klaim. Petugas kemudian akan mengecek kembali validitas dokumen-dokumen Anda.

7. Petugas kemudian akan meminta foto Anda sebagai tambahan dalam jaminan kepastian. Foto tersebut diminta sebagai bukti jika nantinya akan terjadi sengketa pada akun yang diajukan.

8. Jika dana BPJS Anda ingin dibayarkan dengan transfer bank maka prosedur selesai sampai disini. Anda akan diminta untuk menunggu minimal 7 hari sejak klaim diajukan hingga dana cair. Jika secara tunai, maka ada langkah berikutnya yang harus dilakukan.

9. Kemudian, pihak Bank Bukopin, sebagai pembayar jaminan, bank akan melakukan klarifikasi atas data yang masuk.

10. Setelah selesai diklarifikasi, pembayaran secara tunai akan langsung diberikan pada Anda. Selain itu Anda juga akan diberikan fotocopy dari dokumen Penetapan Jaminan Hari Tua. Dokumen tersebut berisi data Anda sebagai peserta dan jumla yang harus dibayarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada Anda.

Tips Klaim BPJS Ketenagakerjaan
Dalam melakukan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa tips bagi Anda agar lebih cepat dan mudah ketika sedang mengajukan klaim. Beberapa tips tersebut yaitu :
  • Sebaiknya Anda datang pagi hari sebelum pukul 10.00. Hal tersebut akan membuat waktu tunggu proses pencairan dana Anda menjadi lebih singkat.
  • Pilih kantor cabang BPJS yang relatif dekat dengan tempat tinggal Anda. Karena jika ada sesuatu hal penting yang tertinggal di rumah, Anda lebih mudah untuk menjangkaunya.
  • Pastikan kembali dokumen-dokumen penting yang diperlukan sudah lengkap dan tidak ada yang tertinggal.
Proses menunggu disini cukup lama, sehingga buat diri Anda senyaman mungkin ketika menunggu.

Jika Anda kehilangan kartu peserta BPJS, Anda hanya bisa melakukan klaim di kantor cabang dimana kartu peserta Anda pertama kali diterbitkan. Selain itu, Anda juga diharuskan menyertakan surat kehilangan dari kantor polisi yang berisi nomor kartu peserta Anda serta nama perusahaan yang mendaftarkan kartu peserta tersebut. Jika Anda tidak memiliki fotocopy dari kartu peserta Anda, sebaiknya Anda membawa dokumen-dokumen lengkap sesuai persyaratan klaim dan informasikan kepada petugas yang ada disana.

Sebaiknya jaga baik-baik kartu peserta BPJS Anda agar lebih mudah bagi Anda ketika ingin mengajukan klaim. Demikian penjelasan mengenai tips dan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 10:26:00 PM

Related : Apa itu asuransi BPJS Ketenagakerjaan? Bagaiamana Cara Klaimnya?

0 komentar:

Post a Comment