Cara Klaim Asuransi Kendaraan BCA Insurance

BCA Insurance merupakan perubahan dari nama PT Central Sejahter Insurance yang menjadi PT Asuransi Umum BCA dan menggunakan Logo BCA Insurance sejak tanggal 23 Desember 2013 yang lalu. Produk-produk asuransi yang ditawarkan antara lain adalah asuransi kebakaran, kendaraan, pengangkutan, rekayasa, tanggung gugat, uang, kebongkaran dan micro. Namun disini yang akan dibahas adalah cara klaim asuransi kendaraan BCA Insurance.

Produk Asuransi Kendaraan BCA Insurance
Produk asuransi kendaraan BCA Insurance melindungi Anda dari kerugian dan kerusakaan yang disebabkan oleh kecelakaan, pencurian, kebakaran, dan bahkan juga resiko saat kendaraan Anda mengalami kerusakan atau resiko saat berada diatas kapal pada perjalanan penyebrangan dari pulau satu ke pulau lain. Masih banyak lagi perlindungan yang ditawarkan oleh BCA Insurance ini, termasuk perluasan jaminan yang meliputi kerugian pada pihak ketiga, sebuah rusuh atau huru-hara, kecelakaan yang mengakibatkan pengemudi dan penumpang terluka serta kerugian akibat bencana alam. Jika Anda mengalami salah satu kerugian yang tersebut diatas, berikut ini adalah cara klaim asuransi kendaraan dari BCA Insurance.

Cara Klaim BCA Insurance
Yang pertama-tama harus Anda lakukan adalah melaporkan segala kejadian  yang menyebabkan kendaraan Anda rusak atau kerugian apapun yang terkait dengan kendaraan tersebut ke Claim Center BCA Insurance. Laporan secara lisan ini bisa dilakukan per telepon ke 021-29986222 /  021-95799981 / 021-95799982. Laporan tersebut harus ditindaklanjuti dengan pengajuan klaim secara tertulis dengan mengisi formulir klaim dan menyertakan kronologis kejadian dan juga tuntutan pihak ketiga (jika ada). Informasi yang diberikan harus apa adanya dan yang sebenar-benarnya.

Anda juga sebaiknya menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti laporan dari kepolisian dan laporan kerusakan. Laporan kecelakaan ini menjadi dasar Anda melakukan klaim dan menjadi bukti jika kecelakaan yang Anda alami adalah benar-benar terjadi dan tidak dibuat-buat. Laporan kepolisian juga menjadi pertimbangan bagi BCA Insurance untuk memutuskan klaim asuransi Anda. Dari laporan kepolisian tersebut akan terlihat apakah Anda/tertanggung mengemudi dalam keadaan yang sesuai aturan (tidak mabuk, ngantuk, ada SIM/STNK, pada jalur yang benar, tidak ngebut, dll). Biasanya jika kecelakaan tersebut diakibatkan kelalaian Anda, seperti mabuk, maka sulit kiranya klaim akan cair. Untuk mendapatkan laporan kecelakaan dari kepolisian, Anda hanya perlu mendatangi polres atau polsek bagian lalulintas yang menangani kasus kecelakaan tersebut dan meminta laporan resmi disertai cap dan tandatangan petugas.

Ada tiga metode klaim, yang pertama Anda datang ke kantor BCA Insurance dan mengisi formulir seperti diatas, yang kedua adalah kantor BCA Insurance mengirimkan surveyor untuk melakukan pengecekan atas laporan lisan Anda dan kemudian Anda mengisi segala data yang diperlukan dan yang ketiga adalah Anda datang ke bengkel yang menjadi rekanan BCA Insurance dan Anda akan langsung ditangani di situ.

Secara gamblang prosesor sebagai berikut. Setelah Anda memberikan laporan lisan dan tertulis, akan ada surveyor yang memeriksa kerusakan pada kendaraan Anda dan juga kebenaran laporan yang Anda buat. Jika semua data diisikan dengan sebenar-benarnya dan tak ada yang dimanipulasi, maka Anda akan diminta mendatangi bengkel  yang ditunjuk atau bengkel  yang menjadi referensi Anda. Bengkel tersebut akan mendapatkan surat perintah kerja dari kantor BCA Insurance untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda. Proses perbaikan bisa memakan waktu sehari atau bahkan beberapa minggu tergantung tingkat kerusakan dan juga persediaan suku cadang. Jika proses perbaikan sudah selesai maka Anda bisa membawa pulang kendaraan Anda.

Sementara untuk proses ganti rugi pada pihak ketiga, yaitu korban yang Anda tabrak, mobil yang rusak atau penggantian kerugian lain yang mungkin ada akibat kecelakaan yang melibatkan tertanggung, BCA Insurance akan mengirimkan perwakilan ke alamat pihak ketiga tersebut atau bengkel dimana kendaraan phak ketiga tersebut diservis. Akan ada pemeriksaan kebenaran laporan dan juga kerusakan yang terjadi. Jika sudah cocok maka akan ada penggantian biaya perbaikan menurut tingkat kerusakan yang terjadi dan prosentasi tanggungan. Jika masih ada yang tak jelas, Anda bisa menghubungi langsung kantor BCA Insurance terdekat atau telpon ke customer service BCA Insurance.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 12:28:00 PM

Related : Cara Klaim Asuransi Kendaraan BCA Insurance

0 komentar:

Post a Comment