Langkah Mudah Melakukan Klaim Pada Asuransi Manulife

Apakah Anda dan keluarga merupakan nasabah tetap pada asuransi Manulife? Jika Anda adalah salah satu dari nasabah Manulife maka Anda wajib untuk mengetahui bagaimana cara-cara yang benar dalam melakukan klaim pada asuransi Anda tersebut. Masalahnya saat ini banyak nasabah asuransi yang merasa repot jika harus mengurus klaim sehingga akhirnya hanya membiarkan haknya tidak terambil pada saat terjadi kecelakaan atau musibah pada anggota keluarga. Padahal uang yang sudah Anda keluarkan selama ini tentunya Anda keluarkan untuk tujuan ini, jika suatu saat ada anggota keluarga yang meninggal karena kecelakaan misalnya, maka masalah keuangan Anda akan terbantu dengan adanya dana yang dikeluarkan oleh asuransi. Fasilitas ini jangan Anda sia-siakan sama sekali karena itu adalah hak Anda dan sudah seharusnya Anda memperolehnya. Maka dari itu tak perlu merasa repot dan urus saja klaim yang Anda perlukan pada Manulife jika ada anggota keluarga Anda yang mengalami kecelakaan. Ada beberapa berkas berbeda yang perlu Anda urus untuk mengajukan klaim meninggal dunia dan juga bagi anggota keluarga yang ditinggalkan yang harus Anda kumpulkan berkasnya.


Berkas Untuk Klaim Meninggal Dunia
Sebelum Anda mendatangi kantor Manulife terdekat secara langsung, maka Anda harus terlebih dahulu mengumpulkan berkas yang harus diserahkan nantinya saat di kantor Manulife. Anda perlu mengisi formulir klaim meninggal dunia dan juga menyertakan polis asli. Kemudian, Anda juga perlu mendapatkan surat laporan dari agen Manulife yang bersangkutan dengan Anda, jangan lupa untuk menyertakan laporan tentang kronologis kejadian meninggalnya kerabat Anda tersebut dengan sebenar-benarnya tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangkan. Anda juga perlu menyertakan fotokopi identitas. Fotokopi identitas yang diperlukan adalah :
  • Fotokopi identitas Anda sebagai yang mengajukan klaim
  • Fotokopi identitas tertanggung atau kerabat yang meninggal dunia tersebut tentunya yang masih berlaku.
  • Fotokopi identitas orang-orang yang ditinggalkan atau yang nantinya akan mendapatkan manfaat pertanggungan dari Manulife.
Mengenaik kriteria orang yang mendapatkan manfaat pertanggungan dari Manulife itu adalah istri atau suami yang dibuktikan dengan akte nikah, kemudian anak kandung yang dibuktikan dengan akte kelahiran atau kartu keluarga, kemudian orang tua dari yang ditinggalkan yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk dan juga akta lahir serta yang terakhir adalah saudara kandung yang dibuktikan dengan kartu keluarga atau akta lahir. Ada pula surat keterangan yang dapat membuktikan tentang kematian dari kerabat Anda tersebut yang bisa ditunjukkan dengan :
  • Surat keterangan dari dokter yang menangani kerabat Anda
  • Surat meninggal dunia yang bisa diurus di kantor kelurahan setempat
  • Surat keterangan dari rumah sakit atau Dinas Kesehatan
  • Surat keterangan dari kepolisian jika kerabat Anda meninggal karena kecelakaan atau hal lain yang tidak wajar.
Berkas Klaim Untuk Manfaat Pertanggungan
Bagi Anda yang ditinggalkan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat pertanggungan. Nantinya manfaat pertanggungan ini bisa didapat berupa pembiayaan rumah sakit, pembiayaan bagi keluarga dan lain sebagainya. Untuk dapat mengajukan klaim manfaat pertanggungan ini maka Anda harus mengumpulkan berkas seperti mengisi formulir klaim untuk manfaat pertanggungan, kemudian juga Anda harus membawa fotokopi identitas yang masih berlaku dari Anda selaku yang mengajukan klaim dan juga pasien yang bersangkutan. Lalu harus disertakan juga surat keterangan dari dokter. Jika Anda mengajukan manfaat pertanggungan ini untuk biaya rumah sakit maka Anda harus menyertakan kuitansi dari rumah sakit asli berikut rinciannya. Denagn langkah yang mudah ini maka Anda bisa mendapatkan manfaat pertanggungan sesuai dengan yang seharusnya Anda dapatkan. Memang mungkin sedikit merepotkan namun karena ini demi kepentingan bersama dan ini merupakan hak Anda sebagai nasabah maka hal ini wajib Anda lakukan. Formulir-formulir klaim yang diperlukan itu bisa Anda dapatkan langsung dari kantor Manulife terdekat atau bisa Anda unduh dari website resmi Manulife. Pada saat Anda mengunduh file formulir, tentunya Anda harus pastikan dulu bahwa formulir yang Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan Anda karena ada berbagai formulir yang disediakan untuk nasabah.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 8:41:00 AM

Related : Langkah Mudah Melakukan Klaim Pada Asuransi Manulife

0 komentar:

Post a Comment