Asuransi Whole Life

Sebelum memutuskan untuk mengikuti jasa asuransi yang cocok dan penting untuk kehidupan kita maka ada baiknya untuk memahami berbagai jenis asuransi terlebih dahulu dan apa saja manfaatnya bila kita menggunakannya. Mengingat bahawa guna asuransi untuk meminimalisir adanya kerugian besar yang melanda akibat musibah yang tidak diinginkan. Namun asuransi yang utama telah dikelompokkan menjadi tiga kategori yang didalamnya terdapat asuransi kehilangan, asuransi jiwa dan asuransi kerugian. Sedangkan istilah dari asuransi sendiri merupakan tindakan yang kita pilih untuk melindungi diri sendiri dari suatu risiko yang tidak diinginkan.


Produk dari asuransi jiwa merupakan sebuah jani yang tertuang dalam tulisan pada polis asuransi, yang diterbitkan oleh penanggung kepada tertanggung guna memberikan kompensasi dalam jenis keuangan jika suatu saat terjadi sesuatu pada tertanggung. Tugas dari penanggung hanyalah menawarkan beragam produk yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan persyaratan calon tertanggung. Namun calon tertanggung layaknya sebuah raja yang bebas untuk menentukan jenis produk apa yang sesuai dengan kemampuannya dan kebutuhannya di masa depan.

Salah satu jenis asuransi paling diminati yaitu whole life dimana jenis asuransi ini mengandung nilai tabungan. Bahkan masa proteksinya mencapai lebih dari 99 tahun. Asuransi jenis ini juga disebut sebagai penyempurna dari asuransi term life yang tidak mempunyai nilai tunai. Perbedaannya terletak pada saat kontrak telah habis maka tertanggung mendapatkan nilai tunai karena tertanggung masih dalam keadaan sehat walafiat. Namun premi yang harus dibayarkan lebih mahal, alasannya karena risio klaim sudah pasti terjadi. Walaupun kematian tidak dapat diprediksi kapan waktunya namun pasti semua orang akan mengalaminya, dalam waktu dekat ataupun lambat. Apalagi kita melihat fakta di daerah Indonesia sendiri sangat jarang orang hidup melampaui usia 99 tahun. Di Indonesia sendiri angka harapan hidup wanita sekitar 70 tahun sedangkan untuk laki – laki 5 tahun dibawahnya yaitu 65 tahun.

Nilai tunai dari polis whole life ini dapat dijadikan sebauh pinjaman dan ada pula bonus difiden dari perusahaan jasa asuransi untuk pemegang polis jenis whole life ini. Salah satu permasalahan yang sering dikhawatirkan pemilik polis yaitu bila suatu hari tidak bisa membayar preminya lantas uang yang selama ini diberikan hangus atau dikembalikan? Jawabannya yaitu pemegang polis bisa mengambil uang tunai nya yang telah ditabungkan selama jangka waktu tersebut.

Namun satu hal yang disayangkan dari jenis asuransi ini yaitu bunga dari tabungan yang telah kita investasikan selama itu jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan tingkat suku bunga di pasaran. Bunga yang di berikan pada pemegang tabungan jenis asuransi whole life hanya sekitar 4 persen saja dalam setahunnya. Angka ini belum dikurangi dengan biaya admisnistrasi dan pajak. Pada saat awal membeli polis tentu nilai tunai akan terlihat sangat besar. Tetapi ada baiknya untuk menghitung ulang dengan memasukkan nilai inflasi didalamnya yang rata rata hingga 12 persen. Oleh karena itu nilai tunai bisa saja tergerus sehingga tampak semalin kecil saat polis telah jatuh tempo.

Asuransi jiwa seumur hidup ini juga memiliki ciri khas bila di bandingkan dengan asuransi lainnya. Asuransi permanen ini memberi proteksi sepanjang hidup tertanggung, namun untuk siapa saja sih produk ini?
  • Calon pemilik polis yang cocok untuk menggunakan polis ini menginginkan perlindungan jiwa termasuk mendapatkan dana tabungan yang bisa digunakan pada saat kebutuhan mendesak dan darurat.
  • Calon pemilik polis membutuhkan proteksi dari biaya tagihan rumah sakit bila sewaktu – waktu mengalami insiden tidak diinginakan.
  • Calon pemilik polis menginginkan modal investasinya mengalami pertumbuhan.
Nah setelah mendapatkan informasi diatas tentu kita dapat memilih mana saja jenis asuransi yang cocok untuk diri kita dan keluarga di masa depan. Mengingat bahwa ada kejadian diluar kehendak kita yang tidak bisa ditolak dan diundur waktunya. Tentu jasa asuransi ini menjadi sangat penting, terutama asuransi jiwa kita. Cukup dengan membayar premi sesuai ketentuan maka manfaatnya bisa didapat dikala sakit, kecelataan, atau bila meninggal maka keluarga akan menerima sejumlah dana proteksi untuk meringankan duka dan melanjutkan kehidupan baru.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 2:42:00 PM
Tags :

Related : Asuransi Whole Life

0 komentar:

Post a Comment