Asuransi Term Life Berjangka

Asuransi jiwa dapat dibagi menjadi berbagai jenis dan dari masing – masing itu juga memiliki manfaat yang berbeda pula, mengingat bahwa kebutuhan serta tingkat kemampuan dari masyarakat itu berbeda.Salah satu jenis asuransi yang paling utama dan dibutuhkan oleh banyak orang yaitu Term Life Insurance atau Asuransi Jiwa Berjangka yang memberikan manfaat jika tertanggung meninggal pada waktu tertentu maka dana yang selama ini telah disisihkan.


Karateristik dari produk asuransi jiwa berjangka yaitu seluruh produk yang ditawarkan menawarkan sebuah pertanggungan dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati atau disebut dengan policy term atau jangka waktu polis. Manfaat yang dapat kita rasakan cukup banyak misalnya tertanggung meninggal pada jangka waktu yang telah ditetapkan, keuda polis masih dalam in force saat tertanggung meninggal. Namun jika pada waktu yang sudah ditetapnya tertanggung masih hidup maka polis itu bisa dilanjutkan menjadi asuransi jiwa. Tetapi jika pemegang polis tidak memilih untuk melanjutkan maka perusahaan asuransi tersebut juga lepas tangan atas segala risiko yang mengincar sewaktu – waktu.

Model perlindungan asuransi berjangka ini biasanya ada dalam bentuk polis asuransi, tetapi bisa juga dalam bentuk rider atau asuransi tambahan yang dapat ditambahkan pada polis dasarnya. Namun apapun pilihannya asuransi sangat penting untuk melindungi diri kita sendiri, bahkan ada sebuah kata mutiara yang mengatakan jika cara menghargai diri sendiri yaitu dengan mengikuti asuransi. Seluruh kemungkinan buruk yang dapat menimpa diri kita dapat diatasi tanpa menambah beban kepada orang lain. Maksudnya menambah beban yaitu semisal kita mendapatkan musibah berupa kecelakaan yang kejadiannya tentu tidak pernah kita bayangkan sebelumnya bahkan kita sendiri menghindari hal tersebut, namun apa daya jika takdir sudah berkata maka kita hanyalah menerima. Maka uang yang telah dibayarkan untuk premi asuransi dapat digunakan untuk menanggung biaya pembayaran obat dan kamar menginap di rumah sakit menjadi lebih murah.

Pertanggungan asuransi jiwa berjangka juga memiliki dua jenis yaitu :

1. Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Tetap (Level Term Insurance) yang memberikan sebuah manfaat jika ada kematian dengan jumlah yang sama sesuai jangka waktu polis yang dipilih.

2. Asuransi Jiwa Berjangka Dengan Uang Pertanggungan Menurun (Decreasing Term Life Insurance) yang memberikan sebauh manfaat ketika kematian dengan menurunnya nilai selama jangka waktu pertanggungan.

Lalu untuk siapa asuransi berjangka ini? Tentu banyak orang yang masih belum memahami mengenai asuransi berjangka, nah biasanya ada beberapa hal yang dibutuhkan oleh calon pemegang polis yaitu :
  • Membutuhkan perlindungan sementara
  • Memiliki penghasilan yang minim tapi memerlukan perlindungan
  •  Tertarik dengan adanya premi yang rendah namun proteksi yang besar
Dapat disimpulkan dari kebutuhan calon pemilik polis diatas bila menginginkan sebauh perlindungan karena risiko pekerjaan yang besar atau karena alasan lain maka pilih saja asuransi berjangka. Gaji pegawai saat ini memang tidak menentu, mungkin diatas UMR namun karena bahan kebutuhan pokok terus melambung maka tidak salah jika pengahsilan tampak semakin sedikit. Walaupun begitu namun keinginan untuk memiliki asuransi sangatlah besar maka asuransi berjangka sangatlah cocok. Terakhir yaitu premi yang rendah menjadi daya tarik paling besar karena artinya uang yang harus dikeluarkan tidaklah banyak namun timbal baliknya sangat baik.

Asuransi jiwa berjangka ini memberikan perlindungan jiwa dalam jangka waktu tertentu saja sesuai yang telah disepakati sebelumnya. Asuransi term life akan memberi sejumlah dana pertanggungan saat tertanggung meninggal pada masa kontrak asuransi saat itu. Jangka waktu yang diberikan biasanya mulai dari 5 tahun, 10 taun atau 20 tahun. Selama masa kontrak yang ditentukan maka premi yang dibayar akan selalu sama nilainya. Namun premi akan naik jika tertanggung ingin memperpanjang kontrak asuransinya. Premi itu akan hilang bila kontraknya berakhir.Premi hangus pada akhir kontrak sehingga premi asuransi jenis ini menjadi lebih murah namun nilai uang pertanggungannya lumayan besar. Frekuensi pembayarannya seperti asuransi biasa yaitu bulanan atau tahunan, dengan uang pertanggungan maksimal 500 juta.Asuransi ini cocok bagi kita yang memiliki tanggungan keluarga.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 3:22:00 PM
Tags :

Related : Asuransi Term Life Berjangka

0 komentar:

Post a Comment