Prosedur Umum Untuk Melakukan Klaim Asuransi

Jika anda ingin melakukan klaim asuransi maka sebaiknya anda memahami terlebih dahulu prosedur umum claim asuransi ini. Berikut prosedur yang harus anda lakukan untuk melakukan klaim asuransi:

klaim asuransi
Klaim Asuransi

1. Hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah melaporkan kepada pihak klaim asuransi. Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan tenggat waktu untuk melaporkan asuransi ini selama beberapa hari setelah terjadinya resiko asuransi. Kebanyakan asuransi ini hanya bisa diklaim sampai waktu 3 x 24 jam. Anda bisa melaporkannya dengan berbagai cara, anda bisa mendatangi perusahaan asuransi tersebut untuk menyampaikan secara lisan. Anda juga melaporkan melalui media komunikasi lainnya seperti telepon, email atau surat. Anda bisa memilih media yang menurut anda paling efektif dan efesien untuk melakukan klaim asuransi ini.

2. Setelah itu untuk menyelesaikan klaim maka pihak asuransi akan melakukan survey terlebih dahulu. Setelah melakukan survey maka pihak asuransi akan memberikan nilai yang bisa dibayarkan untuk tertanggung. Jika tertanggu setuju maka prosedur berikutnya adalah pembayaran klaim asuransi. Biasanya proses penentuan nilai klaim asuransi ini akan dihitung berdasarkan resiko yang telah disepakati. Pihak asuransi tidak akan menanggung resiko yang disebabkan oleh kesalahan sendiri. Setelah itu, akan ada pengurangan nilai sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam polis asuransi. Anda sebaiknya membaca ketentuan polis asuransi ini dengan seksama sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Faktor-faktor dalam klaim asuransi
Dalam melakukan klaim asuransi maka ada beberapa faktor yang anda bisa lihat. Faktor ini juga bisa menjadi penentu klaim anda bisa diterima atau tidak. Berikut faktor-faktor dalam klaim asuransi:

1. Faktor yang sangat menentukan adalah cara anda untuk melakukan klaim asuransi ini. Anda bisa membaca lagi ketentuan dan syarat yang diberikan oleh pihak asuransi. Anda sebaiknya memahami dengan benar klaim asuransi yang anda ajukan. Tidak semua klaim asuransi bisa diterima oleh pihak asuransi, hanya resiko yang disetujui saja yang bisa diterima oleh pihak asuransi.

2. Faktor lainnya adalah cara atau prosedur untuk melakukan klaim asuransi ini. Biasanya prosedur untuk melakukan klaim asuransi ini dibedakan berdasarkan dari jenis asuransi yang anda pilih. Anda harus memahami prosedur untuk melakukan klaim asuransi ini dengan melihat segala ketentuan untuk jenis asuransi yang anda pilih. Anda harus melaporkan dengan cepat sehingga bisa segera dilakukan survey oleh perusahaan asuransi.

3. Faktor lainnya adalah kejujuran dalam melakukan prosedur klaim asuransi. Biasanya banyak orang yang membohongi keadaan untuk melakukan klaim asuransi ini. Anda sebaiknya menyampaikan kondisi yang anda alami dengan jujur atau apa adanya. Jika anda berbohong maka klaim asuransi anda akan ditolak dan asuransi anda akan diberhentikan tanpa pengembalian biaya. Anda sebaiknya tidak berusaha curang atau membohongi pihak asuransi karena mereka akan melakukan survey secara langsung.

Tips untuk melakukan klaim asuransi
Berikut tips untuk melakukan klaim asuransi:

1. Jika ada salah satu anggota keluarga anda yang meninggal dan juga mempunyai asuransi maka sebaiknya anda segera mengajukan klaim untuk asuransi jiwa ini. Hal yang perlu anda persiapkan pertama kali adalah surat duka yang diterbitkan oleh rumah sakit tempat anggota keluarga tersebut meninggal. Anda bisa melihat ketentuan asuransi ini untuk menentukan isi dari surat duka tersebut. Selain surat duka, anda juga harus mengetahui informasi mengenai nomor polis asuransi dan status asuransi dari anggota keluarga anda tersebut. Anda sebaiknya mempunyai informasi yang cukup mengenai hal ini.

2. Biasanya setelah anda mengajukan klaim maka pihak asuransi akan memberikan formulir untuk melakukan klaim asuransi. Anda harus mengisi formulir untuk mengajukan klaim asuransi ini dengan benar sehingga anda tidak perlu repot untuk mengisi ulang formulir asuransi ini.

3. Anda juga harus menyiapkan segala macam berkas dengan lengkap sehingga proses pencairan asuransi ini tidak akan memakan waktu yang lama. Anda bisa mengecek kelengkapan berkas ini melalui persyaratan yang diberikan oleh pihak asuransi.

4. Anda sebaiknya bersabar mengenai proses pencairan asuransi ini. Anda sebaiknya juga melakukan follow up secara berkala untuk mengetahui proses pencairan asuransi ini. Pihak asuransi biasanya akan memerlukan waktu yang lama untuk menentukan nilai dari asuransi yang akan dibayarkan.

Nah, itulah tips mengenai prosedur umum klaim asuransi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 9:02:00 AM

Related : Prosedur Umum Untuk Melakukan Klaim Asuransi

0 komentar:

Post a Comment