Pengenalan Mengenai Asuransi

Apa itu asuransi?
Pengenalan asuransi memang harus dikenalkan sejak masih dini atau masih muda. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang baru mengenal asuransi ketika berada pada usia di atas 30 tahun. Padahal dengan membeli asuransi anda dapat terhindar dari segala kerugian yang disebabkan oleh faktor resiko yang ditanggung oleh asuransi. Jika anda mengalami suatu peristiwa tertentu yang faktor resikonya itu ditanggung oleh asuransi maka anda bisa memperkecil biaya resiko yang anda derita. Namun apabila anda tidak membeli asuransi maka semua kerugian yang disebabkan oleh faktor resiko tersebut harus anda tanggung sendiri. 


Hal ini tentu dapat menyusahkan anda terlebih jika gaji yang anda terima setiap bulan tidak terlalu banyak untuk menutupi biaya yang tidak terduga. Anda bisa melihat segala kesepakatan yang tertuang dalam ketentuan dan syarat dalam polis asuransi. Anda sebaiknya juga mengetahui informasi dasar mengenai asuransi yang anda pilih. Anda bisa menanyakan kepada pihak asuransi tersebut jika ada informasi yang belum anda mengerti. Anda sebaiknya memahami produk asuransi tersebut terlebih dahulu sebelum anda membelinya. 

Anda sebaiknya memilih asuransi yang resmi dan diawasi oleh pemerintah sehingga jika sesuatu terjadi yang tidak diinginkan maka hak anda tetap akan terpenuhi. Anda bisa menanyakan sesuatu yang kurang jelas mengenai faktor resiko yang dapat ditanggung oleh pihak asuransi melalui marketing yang menawarkan produk asuransi tersebut kepada anda.

Jenis-jenis asuransi beserta manfaatnya
Asuransi ini mempunyai jenis dan manfaatnya yang berbeda. Berikut jenis-jenis asuransi beserta manfaatnya yang bisa anda ketahui:

1. Asuransi mobil
Asuransi mobil merupakan salah satu asuransi yang sangat diminati terutama di kota-kota besar. Hal ini memang dilakukan untuk mengantisipasi segala macam kerusakan yang terjadi di jalan. Kita tidak pernah tahu segala macam resiko yang dapat terjadi ketika anda sedang berkendara. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya anda harus mempunyai asuransi mobil. Asuransi ini juga dapat menanggung jika mobil anda dicuri asalkan anda mempunyai bukti yang kuat. Kebanyakan perusahaan mengharuskan pegawainya mempunyai asuransi mobil agar setidaknya mendapatkan jaminan ketika berkendara. Namun jika kecelakan yang terjadi merupakan kecelakan berat maka pihak asuransi biasanya tidak akan membayar secara penuh, mereka biasanya hanya membayar sebagian dari biaya rumah sakit akibat kecelakan tersebut.

2. Asuransi kesehatan
Biaya kesehatan yang semakin mahal membuat banyak orang memilih asuransi untuk menutupi biaya kesehatan ini. Apalagi jika terkena penyakit yang berbahaya yang memerlukan biaya operasi yang mahal maka sebaiknya anda mempunyai asuransi kesehatan ini. Asuransi kesehatan ini juga bisa menanggung kecelakan bahkan kematian dengan syarat dan ketentuan tertentu.

3. Asuransi pendidikan
Jika anda baru memulai keluarga maka sebaiknya mempunyai asuransi pendidikan ini untuk anak anda. Biaya pendidikan semakin tinggi, jika anda tidak mempunyai asuransi ini maka anda tidak mempunyai cadangan untuk menutupi biaya pendidikan anak anda. Anda bisa memilih jenis pendidikan yang akan anda asuransikan.

Tips untuk memilih asuransi yang tepat
Produk asuransi sangat banyak dan beragam. Oleh karena itu, anda harus melihat tips untuk memilih asuransi yang tepat berikut ini:

1. Anda sebaiknya memilih asuransi yang anda butuhkan. Jangan membeli asuransi yang tidak ada manfaatnya sama sekali untuk anda atau keluarga. Anda bisa mengetahui manfaat dari asuransi ini sebelum anda membelinya.

2. Anda juga sebaiknya mengetahui tujuan utama anda membeli produk asuransi. Tujuan utama dari asuransi ini ada 2 macam yaitu untuk proteksi dan investasi. Kedua macam tujuan ini memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Sebaiknya anda mengetahui mengenai hal ini dengan jelas.

3. Sebaiknya anda memiliki pemahaman yang baik mengenai polis asuransi. Anda harus mengetahui faktor resiko yang dapat ditanggung dan tidak dapat ditanggung oleh polis asuransi.

4. Sebelum anda membeli produk asuransi maka anda sebaiknya anda membandingkan beberapa jenis produk asuransi dari perusahan asuransi yang berbeda. Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan dari berbagai produk asuransi tersebut. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan anda dan juga keuangan anda.

Anda harus memilih produk asuransi yang tepat sehingga bisa bermanfaat bagi anda. Anda juga harus mempunyai pengenalan asuransi yang baik agar dapat memilih produk asuransi yang sesuai untuk anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 12:42:00 PM
Tags :

Related : Pengenalan Mengenai Asuransi

0 komentar:

Post a Comment