Manfaat Dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang khusus menjamin kebutuhan biaya kesehatan maupun perawatan anggota asuransi jika mengalami sakit atau pun kecelakaan. Tentunya Anda patut bersyukur jika saat ini sedang bekerja pada sebuah perusahaan yang sudah memiliki satu program khusus asuransi kesehatan. Dengan demikian Anda dapat meminimalisir resiko ketika Anda mengalami sakit.

Asuransi Kesehatan

Namun jika saat ini Anda memang belum mengikuti salah satu program perlindungan kesehatan ini, maka jangan pernah ragu untuk membeli salah satu perlindungan kesehatan yang sudah tersedia di Indonesia. Karena penyakit datang tanpa mengenal usia.

Manfaat asuransi kesehatan
1. Membantu adanya ketersediaan untuk seluruh kebutuhan biaya dokter, rawat inap, obat-obatan hingga biaya untuk tindakan operasi. Umumnya jenis perawatan maupun program yang disediakan merupakan manfaat rawat jalan, manfaat persalinan, manfaat rawat inap dan juga manfaat perawatan gigi.

2. Manfaat rawat inap yang umumnya dapat dinikmati para peserta asuransi perlindungan di dalam kesehatan meliputi biaya laboratorium, biaya rumah sakit, biaya melahirkan sekaligus biaya darurat. Adapun untuk manfaat perawatan gigi sendiri terdiri dari proses pencegahan, perawatan gigi kompleks, perawatan gigi dasar serta pemasangan gigi palsu.

3. Manfaat rawat jalan sendiri meliputi beban konsultasi pada dokter umum dan atau spesialis, biaya tindak pencegahan, obat menggunakan resep dan alat-alat bantu yang dianjurkan oleh pihak dokter. Ada batasan maksimuum dalam penggunaan dana pada setiap tahunnya pada manfaat rawat jalan.

Dimana ketiga manfaat dari perawatan tersebut diatas adalah opsi tambahan yang dapat Anda ambil dengan cara mengikuti program dasar yaitu satu manfaat untuk rawat inap. Anda tidak dapat hanya mengambil satu manfaat dari opsi tambahan tersebut tanpa terlebih dahulu mengikuti program dari asuransi dasarnya yaitu manfaat rawat inap.

Untuk besar nilai premi yang Anda harus bayarkan dan juga nila pertanguhan di dalam asuransi bagi kesehatan ini memang sangat bergantung pada program yang Anda pilih. Berbagai pilihan layanan dari pihak perusahaan asuransi yang memiliki program sekaligus premi yang relatif berbeda-beda di satu perusahaan dengan lainnya, tentunya juga dengan rincian manfaat pertanggungan berbeda.

Sistem klaim atau penggantian asuransi kesehatan
Terdapat dua jenis sistem umum yang digunakan yaitu sistem provider dan sistem penggantian atau reimbursement. Dengan sistem penggantian, maka Anda sebagai peserta asuransi diharuskan untuk dapat terlebih dahulu menggunakan uangnya guna membayar kebutuhan biaya pengobatan, sedang seterusnya dapat Anda klaim atau pun meminta penggantian pada pihak perusahaan asuransi.

Dengan menggunakan sistem penggantian ini Anda memiliki kebebasan di dalam memilih salah satu rumah sakit, namun untuk maksimal biaya penggantianya sudah ditetapkan di muka. Agar Anda bisa melakukan klaim harus melampirkan kelengkapan surat-surat untuk administrasi yang termasuk di dalam syarat utama. Hal ini diaksudkan agar proses penggantian biaya-biaya yang sudah Anda pakai dapat dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Sedangkan lamanya waktu pencairan dari dana klaim sendiri sangat tergantung dengan pelayanan yang diberikan, tetapi umumnya diantara 7 hari kerja.

Sedangkan untuk sistem provider ini Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang dimuka. Karena Anda hanya cukup menunjukkan adanya kartu keanggotaan dari asuransi perlindungah kesehatan untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang Anda butuhkan di klinik atau rumah sakit yang sudah Anda sepakati sebelumnya disesuaikan dengan daftar dari klinik atau rumah sakit yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan pihak perusahaan asuransi terkait.

Memilih asuransi kesehatan
Jika Anda cermati saat ini ada begitu banyak perusahaan asuransi, harus ada langkah serta strategi yang cukup bijaksana.

1. Pilih perusahaan asuransi yang sudah memiliki track record yang dapat Anda percaya dengan pelayanan dan produk yang prima. Sebuah perusahaan asuransi yang terbaik biasanya sudah memiliki vanyak cabang yang dapat Anda lihat beritanya dalam internet atau media lainnya.

2. Cermati serta bandingkan manfaat sekaligus premi yang Anda harus bayarkan, rekomendasi pilihan produk yang baik dan sesuai kebutuhan serta kemampuan Anda adalah yang utama.

Selanjutnya jangan lupa memperhatikan dan mempelajari tawaran premi, nilai premi serta program dari asuransi kesehatan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Asuransi Terbaik
Cara Klaim Asuransi Indonesia Updated at: 8:43:00 AM
Tags :

Related : Manfaat Dan Cara Memilih Asuransi Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment